Pelaksanaan Forum Diskusi Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Tugas Akhir (TA) Semester Gasal 2023/2024 oleh HIMTI

Salam Budi Luhur !!

Pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 telah dilaksanakan acara Forum Diskusi (FORDIS) yang diselenggarakan secara rutin oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika setiap semester yang membahas tentang KKP dan TA untuk semester Gasal 2023/2024. Acara ini ditujukan untuk semua mahasiswa Program Studi Teknik Informatika yang sedang mengambil KKP dan TA pada semester Gasal 2023/2024. Pembicara pada acara ini untuk lingkup TA yaitu Bapak Dr. Indra, S.Kom, M.T.I. dan Ibu Dr. Imelda, M.Kom. Sedangkan untuk lingkup KKP Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom, M.M. dan Bapak Dolly Virgian Sakha Yudha Sakti, M.Kom.

Acara ini membahas tentang persiapan mahasiswa untuk bimbingan KKP dan TA pada Semester Gasal 2023/2024 dimana pembicara pertama yaitu Bapak Dr. Indra, S.Kom, M.T.I selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika memaparkan beberapa hal umum pada Tugas Akhir yaitu time line sidang, pengecekan plagiarism menggunakan turnitin, masa verifikasi dari penguji dan pembimbing, masa verifikasi dari Prodi, masa verifikasi dari Perpustakaan, tahapan cek lulus teori dan tahapan yudisium.

Sesi selanjutnya materi oleh Ibu Dr. Imelda, M.Kom yang membahas tentang tips dan triks siap sidang dan lulus. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan tentang “STRATEGI” pada saat menghadapi sidang.

Untuk lingkup KKP, Bapak Dolly Virgian Sakha Yudha Sakti, M.Kom dan Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom, M.M. membahas mulai dari persiapan KKP, pelaksanaan KKP, time line KKP, teknik penulisan pada KKP serta kiat sukses bimbingan KKP.

Adapun perubahan aturan terkait penyusunan KKP dan Tugas Akhir pada Semester Gasal 2023/2024 antara lain:

  • Pada Kuliah Kerja Praktek (KKP) : fokus penelitian terkait audit jaringan ditiadakan.
  • Pada Tugas Akhir (TA): Pemberlakukan aturan yang menetapkan batasan similarity sebesar 40% sebelum sidang Tugas Akhir (TA) dan pada laporan final Tugas Akhir (TA).
  • Pada Tugas Akhir (TA) : Peminatan Fokus Penelitian terkait Sistem Pakar ditangguhkan untuk semester ini.

Materi fordis masing-masing pembicara bisa didapatkan melalui link berikut:

Comments are closed.