Kolaborasi Dosen FTI & FEB Universitas Budi Luhur Berbagi Pengetahuan tentang Peningkatan Produktivitas Bisnis dengan AI Chat di Depok

Salam Budi Luhur !!

Depok, 28 April 2024 – Para dosen Universitas Budi Luhur mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada hari Minggu, 28 April 2024, dengan tema “Meningkatkan Produktivitas Bisnis dengan AI Chat: Pelatihan untuk Remaja dan Warga Lingkungan Gereja di Depok”. Kegiatan di Fasilitasi oleh Bapak Franciscus Dian Wijanarko selaku Ketua Lingkungan St. Stefanus yang bertujuan untuk membekali remaja dan warga lingkungan Santo Stefanus Paroki Santo Matias Cinere Depok dengan pengetahuan dan keterampilan tentang AI chat, khususnya dalam kaitannya dengan peningkatan produktivitas bisnis.

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 20 orang remaja dan warga lingkungan Santo Stefanus Paroki Santo Matias Cinere Depok. Para dosen Universitas Universitas Budi Luhur Yang terdiri dari Reva Ragam Santika.,M.M., M.Kom, Anita Diana, M.Kom dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan Rizki Pratomo Sunarwibowo, S.E., M.M.,(FEB)  dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, disamping itu juga para tim pelaksana kegiatan Pengabdian Masyarakat turut mengundang pembicara tamu yaitu Bagus Sugianto, M.A yang memberikan materi tentang apa itu AI chat, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana AI chat dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Para peserta juga diajari cara menggunakan beberapa platform AI chat yang populer, seperti ChatGPT, Google Gemini dan Copilot.

“AI chat adalah teknologi yang sangat canggih dan memiliki banyak potensi untuk meningkatkan produktivitas bisnis,” ujar salah satu pemateri Bagus Sugianto, M.A “Dengan AI chat, bisnis dapat mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang, meningkatkan layanan pelanggan, dan menjangkau lebih banyak pelanggan.”

Para peserta pelatihan mengaku sangat antusias dengan materi yang diberikan. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya,” ujar salah satu peserta, Katharina. “Saya belajar banyak tentang AI chat dan bagaimana cara menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas dalam bisnis.”

Manfaat Pelatihan AI Chat ini adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis, AI chat dapat mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang, seperti menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan dukungan pelanggan, dan membuat appointment. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga para karyawan, sehingga mereka dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih penting. AI Chat  juga mampu meningkatkan layanan pelanggan karena AI chat dapat memberikan layanan pelanggan yang 24/7 dan selalu siap membantu. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka. Serta Menjangkau lebih banyak pelanggan melalui berbagai platform, seperti media sosial, website, dan aplikasi perpesanan yang semua hal tersebut dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis bagi Masyarakat.

Comments are closed.