PKM Kelompok Dewan Kemakmuran Masjid dalam Implementasi Sistem Reservasi dan Keamanan Data Aula serta Pendataan Aset Menggunakan Metode Blowfish Berbasis Web Pada Masjid Raudhotul Jannah Komplek Taman Cipulir Estate

Salam Budi Luhur !!

Pada hari Rabu, 31 Januari 2024 mulai pukul 18.30, tim pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dari Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan dengan tema Implementasi Sistem Reservasi dan Keamanan Data Aula serta Pendataan Aset dengan Metode Blowfish Berbasis Web di Masjid Raudhatul Jannah Taman Cipulir Estate. Tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat terdiri dari dosen Universitas Budi Luhur yaitu: Bapak Dr. Indra, S.Kom., M.T.I, dan Bapak Agus Umar Hamdani, M.Kom (dari Fakultas Teknologi Informasi) dan Ibu Dr. Puspita Rani, S.E., M.Ak (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) yang dibantu oleh Ashabul Kahfi Fresar, mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur. Kegiatan tersebut diikuti oleh 6 (lima) orang yang merupakan dewan kemakmuran masjid Raudhotul Jannah.

Kegiatan PKM tersebut dimulai dengan pembukaan oleh ketua Tim Pelaksana PKM yaitu Bapak Indra dengan memaparkan maksud dan tujuan dari kegiatan implementasi sistem reservasi dan keamanan data aula serta aset berbasis web kepada para anggota dewan kemakmuran masjid Raudhotul Jannah. Bapak Indra menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pengola masjid terkait dengan pencatatan jadwal penyewaan aula serta aset masjid yang sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Berdasarkan kegiatan survei dan diskusi awal yang dilakukan oleh tim PKM terhadap anggota dewan kemakmuran masjid, diperoleh informasi bahwa selama ini layanan penyewaan aula/aset masjid dan pencatatan jadwal sewa masih sering terjadi kesalahan serta adanya kesulitan dalam pengecekan jadwal booking dikarenakan semua pengelolaan data penyewaan masih dilakukan secara manual menggunakan media kertas. Oleh karena itu, tim pelaksana PKM telah berupaya mengembangkan sebuah sistem reservasi menggunakan metode blowfish berbasis web yang dapat diimplementasikan di Masjid Raudhotul Jannah Komplek Taman Cipulir Estate. Sistem reservasi yang dibuat diharapkan dapat membantu kinerja admin untuk menangani penyewaan agar tidak perlu banyak buku yang digunakan, mengurangi kesalahan catat dan dapat meningkatkan kecepatan dalam proses reservasi. Selain itu, sistem reservasi juga dapat membantu dalam membuat laporan yang tepat dan akurat serta untuk membantu mengendalikan proses penyewaan dan menjaga keamanan datanya. Di akhir kata sambutan, Bapak Dr. Indra, S.Kom. M.T.I menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran serta kesempatan yang diberikan oleh dewan kemakmuran masjid Raudhotul Jannah, dan berharap agar kerjasama dapat terus berlanjut di masa mendatang.

Kegiatan kemudian dilanjutkan oleh pemberian sambutan dari Bapak Joko Santoso perwakilan dari dewan kemakmuran masjid. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada tim pelaksana PKM dari Universitas Budi Luhur atas kesediaannya membantu pihak dewan kemakmuran masjid Raudhotul Jannah untuk mengatasi masalah dalam hal pengelolaan penyewaan aula dan aset masjid sehingga ke depannya di harapkan administrasi penyewaan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

Kegiatan selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Bapak Dr. Indra, S.Kom, M.T.I mengenai gambaran sistem reservasi yang dikembangkan oleh tim pelaksana kegiatan PKM kepada para anggota dewan kemakmuran masjid. Pemaparan dimulai dari tampilan laman login dan laman dashboard, kemudian dilanjutkan pembahasan mengenai menu data master yang terdiri atas: master gedung, inventaris masjid, paket sewa, penyewa dan calon pengantin. Selanjutnya adalah penjelasan mengenai menu transaksi yang mencakup form peyewaan hingga form pelunasan dan kemudian diakhiri pemaparan menu Laporan Penyewaan yang menghasilkan tampilan laporan penyewaan aula/aset masjid dalam suatu periode tertentu yang dapat dicetak ataupun disimpan dalam bentuk file pdf.

Setelah pemaparan selesai, dilanjutkan dengan tahap diskusi yang berlangsung aktif dan hangat dengan adanya beberapa pertanyaan serta sedikit masukan yang disampaikan oleh para anggota dewan kemakmuran masjid terkait materi yang disampaikan. Pada akhirnya, kegiatan PKM ditutup dengan sesi foto bersama setelah sebelumnya para peserta diminta untuk mengisi kuesioner penilaiankegiatan yang digunakan sebagai bahan evaluasi bagi tim pelaksana PKM.

Berdasarkan hasil penilaian kuesioner, maka dapat diketahui bahwa secara rata-rata peserta setuju bahwa program yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik untuk semua aspek penilaian yaitu suitability, maturity, understandability, time behavior adaptability serta instability.  Para peserta kegiatan juga mayoritas memberikan nilai sangat puas dengan fasilitas, metode serta kebermanfaatan dari pelaksanaan kegiatan PKM dan seluruh peserta berharap untuk kegiatan ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.

___________

Comments are closed.