Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Fakultas Teknologi Informasi

Salam Budi Luhur !!

Pada hari Senin, 19 Februari 2024, pukul 09.00-12.00 WIB, bertempat di Grha Mahardika Bujana Universitas Budi Luhur, Petukangan Utara, Jakarta Selatan telah dilaksanakan acara Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Komputer untuk Prof. Ir. Wendi Usino, MM., M.Sc., Ph.D dan Prof.Dr. Hari Soetanto,S. Kom,M.Sc. Pengukuhan dilakukan melalui sidang senat terbuka yang dipimpin oleh Rektor Universitas Budi Luhur Bapak Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc.

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro, MBA dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengangkatan dua Guru Besar ini menjadi sebuah kebanggaan. Dari mereka diharapkan akan banyak karya-karya yang dilahirkan tidak hanya bagi kampus tapi juga bagi nusa dan bangsa. Kehadiran Guru Besar juga merupakan indikator salah satu penunjang mutu perguruan tinggi. Oleh karena itu pihaknya, mendukung penuh para dosen di UBL untuk mencapai jenjang menjadi Guru Besar, ujarnya.

Prof. Ir. Wendi Usino, M.M., M..Sc., Ph.D dan Prof. Dr. Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc. masing-masing menyampaikan orasinya pada upacara pengukuhan, Prof. Wendi mengangkat orasi dengan judul Prediksi Pasien Rawat Inap Melalui Analisis Multivariat Terhadap Pasien dan Faktor Curah Hujan Berdasarkan Penggunaan Deep Learning Memori Jangka Pendek Panjang” dan Prof. Hari mengangkat judul orasi dengan judul “Peluang dan Tantangan Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Kecerdesan Artifisial yang Berbudi Luhur”.

Dalam pemaparannya Prof. Wendi menjelaskan penelitian yang dilakukan yakni bagaimana prediksi curah hujan yang benar-benar bisa digunakan sebagai faktor prediktor untuk melihat pengaruh dari usia, jenis kelamin dan juga suhu atau temperature, berkaitan dengan penggunaan mereka akan terkena penyakit tertentu. Prediksi ini tentunya bisa dimanfaatkan Rumah sakit untuk menyiapkan tempat perawatannya, peralatan dan juga tenaga medis yang harus disiapkan bagi para pasien.

“Penelitian saya mudah-mudahan memberikan inspirasi dan juga bisa digunakan oleh rumah sakit agar dalam memberikan pelayanan kepada pasiennya tepat sesuai dengan prediksinya. Sehingga ke depannya tidak terjadi lagi kekurangan kamar, itu yang kita harapkan dimana pada saat normal prediksi itu bisa berjalan dengan lancar”, jelas Prof. Wendi.

Kemudian dalam pemaparan Prof. Hari menjelaskan jika kita sebagai pembuat atau pengembang software dan menggunakannya dengan etika yang baik, bisa menghasilkan aplikasi atau penelitian yang berdampak positif bagi masyarakat terutama untuk kalangan kampus.

Pengukuhan seorang Guru Besar tidak hanya menjadi prestasi pribadi, tetapi juga merupakan cerminan dari kesuksesan sistem pendidikan dan penelitian yang dibangun oleh Universitas Budi Luhur. keberhasilan ini mencerminkan komitmen yang kuat dari kampus dalam menghasilkan dan mendukung keunggulan akademik serta membuktikan bahwa investasi dalam pengembangan sumber daya manusia adalah langkah yang sangat tepat.

Dengan hadirnya dua guru besar Prof. Ir. Wendi Usino, M.M., M..Sc., Ph.D dan Prof. Dr. Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc., tentunya menjadi harapan untuk Fakultas Teknologi Informasi dapat segera membuka program studi Doktoral Ilmu Komputer (S3) di Universitas Budi Luhur.

Comments are closed.