Pengabdian Kepada Masyarakat: Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui Pelatihan dan Implementasi Kurikulum Uji Kompetensi Keahlian untuk Meningkatkan Kemampuan pada Aspek Soft Skill di SMK Triguna

Salam Budi Luhur !!

Telah dilaksanakan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui Pelatihan dan Implementasi Kurikulum Uji Kompetensi Keahlian untuk Meningkatkan Kemampuan pada Aspek Soft Skill di SMK Triguna” pada hari Minggu 31 Januari 2024. Adapun tim pelaksana pada kegiatan PPM ini adalah Bapak Hillman A D, M.Kom dan Ibu Merry, M.Kom dan Bapak Farid, S.E., M.M.

Kegiatan Program Kemitraan Kepada Masyarakat (PKM) yang akan dilakukan dan diusulkan penulis bermitra dengan SMK Triguna Utama. Sasaran dari kegiatan PKM ini adalah guru dan peserta didik pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Bentuk perwujudan Pendidikan vokasi di Indonesia adalah upaya peningkatan akses sertifikasi untuk lulusan peserta didik di sekolah SMK melalu Uji Kompetensi Keahlian (UKK). UKK merupakan perwujudan yang bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK. Diharapkan melalui program ini, SMK bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten dan siap pakai pada dunia kerja industri setelah lulus. UKK menjadi fokus para guru SMK agar dapat mempersiapkan para peserta didik ketika UKK akan berlangsung, salah satunya merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi peserta didik untuk mengukur pencapaian kompetensi atau keahlian para peserta didik. Materi teori dan implementasi yang diusulkan, disusun berdasarkan skema sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta didik yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik dan operasional sesuai dengan kurikulum UKK.

Kegiatan implementasi UKK akan menerapkan dan mengkonfigurasi pada paket UKK yaitu (1) Rancang Bangun Keamanan Jaringan, Instalasi dan Konfigurasi Dynamic Routing, (2) Rancang Bangun Jaringan Berbasis Kabel dan Nirkabel dengan VLAN dan Routing. Kemudian dalam persiapan kegiatan implementasi ini juga akan berdiskusi dengan guru produktif agar dapat meningkatkan pengetahuan khususnya dalam bidang industri yang relevan ketika peserta didik melakukan kegiatan UKK, sehingga kemampuan siswa dalam menerima materi kedepan agar lebih baik. Hasil kegiatan PKM diharapkan akan memperoleh peningkatan kapasitas keilmuan dan kompetensi untuk pelatihan implementasi program UKK. Hasil luaran kegiatan PKM ini juga akan membuat template konfigurasi untuk perangkat Router dan penyerahan perangkat dari kegiatan Implementasi. Hasil dari pemberian materi dan implementasi untuk UKK yang diberikan akan melakukan agenda pre-test dan post-test dengan tujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengikuti kegiatan PKM. Kegiatan Pre-Test dan Post-Test selanjutnya akan menjadi bahan dan evaluasi oleh tim pelaksana kegiatan dalam keberhasilan kegiatan PKM. Perbandingan dari tiap hasil tersebut dari para peserta didik dapat dilihat pada Gambar dibawah ini, terlihat dari 6 pembahasan materi, hasil post-test menunjukkan peningkatan dalam pemahaman tentang konseptual dari masing-masing mahasiswa sekitar 40%.

Pada Gambar di bawah merupakan desain salah satu topologi yang dimodelkan untuk Implementasi UKK mengenai Rancang Bangun Keamanan Jaringan dan Konfigurasi Dynamic Routing.

Adapun untuk menyelesaikan dan melakukan kegiatan PKM di SMK Triguna agar menjadi tepat sasaran, mulai dari pelatihan dan kegiatan praktikum menggunakan Tool dan simulasi dan implementasi, maka dalam hal ini dosen bertanggung jawab atas pelatihan hingga pendampingan pelatihan sampai tahap evaluasi. Sehingga tim pengusul berupaya dengan pengetahuan dan penerapan pelatihan yang diberikan pada peserta didik, dapat memotivasi dan memberikan pengetahuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) khususnya dalam bidang teknologi Jaringan Komputer dan Uji Kompentensi dan Keahlian (UKK), agar para peserta didik kedepan dapat siap pakai pada dunia dan industri kerja.

____________

Comments are closed.