Pengabdian Kepada Masyarakat: Pelatihan Pembuatan Toko Online Menggunakan WordPress Pada SMK TRIGUNA 1956 Dalam Peningkatan Model Pembelajaran Teaching Factory

Salam Budi Luhur !!

Teaching Factory adalah model pembelajaran sekolah perdagangan berorientasi produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur industri dan berlangsung dalam suasana industri. Adanya transformasi digital mengharuskan para pelaku usaha dapat beradaptasi sehingga mampu bersaing dengan kompetitor. Keberadaan toko online sudah semakin banyak saat ini, tidak hanya untuk industri berskala besar tetapi juga industri yang berskala kecil.

Dalam rangka peningkatan kompetensi dalam model pembelajaran Teaching Factory, siswa SMK Trigunaa 1956 diwajibkan melakukan pemasaran dan transaksi jual beli melalui platform online, namun hal ini belum diimbangi dengan kompetensi cara membangun toko online. Kegiatan pelatihan pembuatan toko online dilaksanakan Sabtu, 11 November 2023 bertempat di Laboratorium ICT, Universitas Budi Luhur. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari SMK Triguna 1956, Jakarta Selatan berjumlah 30 Siswa. Tujuan pelatihan ini difokuskan pada pembutan toko online menggunakan Content Management System, yaitu WordPress dengan metode ceramah dan praktik langsung.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakandalam rangka menjalankan salah satu tridharma perguruan tinggi ini diketuai oleh Bapak Devit Setiono dengan anggota Bapak Jan Everhard, Bapak Bruri Trya Sartana, Bapak Samidi, Bapak Mardi Hardjianto, Ibu Iis Torisa, Ibu Ririt Roeswidiah, Ibu Zulvia Khalid, Ibu Agnes Aryasanti, dan Bapak Denni Kurniawan . Acara Pelatihan diawali dengan pembuakaan oleh Ibu Zulvia Khalid dan Ibu Iis terkait dengan model bisnis di erad digital, kemudian dilanjutkan oleh Ibu Ririt Roeswidiah dengan pengenalan wordpress dan dilanjutkan dengan praktik mendesain toko online.

Hasil dari kegiatan ini siswa mampu membangun toko online serta mendesain toko sesuai dengan produk yang akan dijual selama proses pembelajaran teaching factory berlangsung.

________

Comments are closed.