Pengabdian Kepada Masyarakat: Digitalisasi Sistem Informasi Penilaian (SIMFONI) Siswa Dalam Rangka Transparansi Nilai Pada Pondok Pesantren Nurul Hidayah Cijeruk

Salam Budi Luhur !!

Telah dilaksanakan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Digitalisasi Sistem Informasi Penilaian (SIMFONI) Siswa Dalam Rangka Transparansi Nilai Pada Pondok Pesantren Nurul Hidayah Cijeruk” pada hari Minggu 7 Januari 2024 bertempat di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Kp. Pondokbitung RT. 003 RW 002 Desa Sukaharja Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor yang melibatkan guru-guru yang ada di Pondok Pesantren Nuruhl Hidayah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan salah satu tridharma perguruan tinggi yang diketuai oleh Ibu Ita Novita, S.Kom, M.T.I. (Dosen FTI) dengan anggota Ibu Noni Juliasari, M.Kom (Dosen FTI) dan Ibu Jeanie Annissa, S.IP., M.Si. (Dosen FKDK) serta perwakilan mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi yaitu Tegar Mandiri.

Pondok pesantren (PONPES) modern merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam yang memiliki program pendidikan yang disusun mandiri dengan memadukan proses pendidikan formal serta non formal yang berlangsung sepanjang hari dalam satu pengkondisian di asrama. Lembaga pendidikan ponpes muncul sebagai wujud upaya pendidikan menyeluruh bukan hanya dari sisi akademis namun juga pembentukan karakter serta pengembangan diri dari para peserta didiknya. Oleh sebab itu, dalam rangka menyajikan layanan pendidikan yang berkualitas sesuai tujuan ke-4 arah pembangunan yang tertuang pada agenda Sustainable Development Goals (SDGs) maka pondok pesantren modern pun harus memiliki mekanisme pembelajaran yang terukur serta transparan, salah satu solusinya dengan penerapan digitalisasi sistem penilaian. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses penilaian melalui penerapan teknologi digital pada Ponpes Nurul Hidayah Cijeruk, karena permasalahan yang dihadapi saat ini oleh ponpes adalah belum tersedianya sistem administrasi penilaian terkomputerisasi untuk membantu proses pengolahan nilai secara digital. Hasil dari kegiatan ini diharapkan agar pemberian nilai secara digital dapat bersifat efisien dan transparan serta berdampak pada evaluasi peningkatan belajar para santri untuk membentuk peningkatan kualitas pembelajaran di masa mendatang.

Pada kegiatan pelatihan diawali dengan pembukaan oleh Ketua PKM yaitu Ibu Ita Novita, S.Kom, M.T.I kemudian dilanjutkan dengan materi sosialisasi tentang Digitalisasi Sistem Informasi Penilaian (SIMFONI) siswa oleh Ibu Jeanie Annissa, S.IP., M.Si. Dalam pemaparannya, dijelaskan perbedaan dari sumber informasi konvensional dan digital dimana di era globalisasi saat ini semua teknologi, informasi dan komunikasi sudah berbentuk digitalisasi. Dijelaskan juga arti dari Sistem Informasi Digital yang merupakan upaya penting dalam memberikan layanan akses informasi dan dokumen yang diberikan ke pengguna, dimana layanan terebut dapat digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa batas waktu sehingga memastikan efisiensi dan efektivitas waktu. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan Sistem Informasi Penilaian (SIMFONI) Siswa oleh Ibu Ita Novita, S.Kom, M.T.I. Beliau menjelaskan modul-modul yang ada pada sistem serta cara penggunannya di tiap-tiap menu. Setelah itu, di akhir acara dilakukan penyerahan dokumen PKM serta sesi foto-foto bersama.

________

Comments are closed.