Dosen FTI dan FKDK Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertema “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Informasi Kegiatan Pada Desa Wanagiri Pandeglang”

Salam Budi Luhur !!

Rabu, 17 Januari 2024 pukul 13.00 sd 17.00 WIB, bertempat di Ruang Aula Serba Guna Desa Wanagiri Pandeglang Kecamatan Saketi-Banten terselenggara kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Informasi Kegiatan. Pelatihan ini diikuti oleh 23 orang yang terdiri dari 15 perangkat desa termasuk Kepala dan Sekretaris Desa, serta 8 orang masyarakat sekitar di lingkungan Kecamatan Saketi.

Sebagai pelaksana kegiatan PKM yaitu 3 (tiga) dosen Universitas Budi Luhur dari Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Sistem Informasi Hendri Irawan, S.Kom., M.T.I., Sistem Komputer Irawan, S.Kom., M.Kom. dan Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif Program Studi Ilmu Komunikasi Geri Suratno, S.I.Kom., M.I.Kom.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan perangkat desa Wanagiri dalam memanfaatkan media sosial khususnya Instagram sebagai sarana promosi dan informasi kegiatan yang efektif kepada masyarakat. Hal yang melatar belakangi kegiatan ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman pemanfaatan media sosial sebagai sarana informasi untuk mempromosikan kegiatan, potensi lokal desa seperti potensi wisata kuliner serta produk lokal.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknologi dan komunikasi perangkat desa, yang pada gilirannya akan mendukung perkembangan berkelanjutan dan partisipasi aktif masyarakat. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu pelatihan dan praktek langsung serta evaluasi berupa pretest dan post-test. Pelatihan akan mencakup konsep dasar pengelolaan akun Instagram, pembuatan konten yang menarik, manajemen interaksi dengan partisipan, serta analisis data kinerja. Setelah pelatihan, perangkat desa akan melakukan praktek langsung dan akan menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dengan membuat dan mengelola akun Instagram resmi desa. Hasil dan luaran yang ditargetkan dari kegiatan ini akan menjadi dasar bagi Desa Wanagiri untuk lebih efektif dalam mempromosikan inisiatif desa, acara-acara lokal, potensi lokal dan informasi kegiatan.

Comments are closed.