Dosen FTI dan FEB Universitas Budi Luhur melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertema “Literasi Digital Pembuatan dan Publikasi Konten Menggunakan Media Sosial Bagi Perangkat Desa Wanagiri-Pandeglang”

Salam Budi Luhur !!

Di era digital ini, penggunaan media sosial sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi penggunaan media sosial bagi masyarakat pada tanggal 17 Januari 2024 jam 08:00-12:00 telah diselenggarakan pelatihan LITERASI DIGITAL PEMBUATAN DAN PUBLIKASI KONTEN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL BAGI PERANGKAT DESA WANAGIRI PANDEGLANG.

Pelatihan ini merupakan bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh dosen Universitas Budi Luhur dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) yaitu Joko Christian C, M.Kom., dan Ari Saputro, M.Kom.,  dan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yaitu Sugeng Priyanto, S.E., M.E. Peserta kegiatan mencakup kepala desa, sekretaris desa dan perangkat desa lainnya berjumlah 15 dan masyarakat sebanyak 8  orang. Isi pelatihan fokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknik untuk:

  1. Pengambilan konten fotografi dan video untuk media sosial.
  2. Editing konten video menggunakan tool, khususnya berbasis smartphone.
  3. Pembuatan akun dan mekanisme upload konten di media sosial youtube.

Metode pelatihan menggunakan kombinasi penjelasan konsep singkat dalam ruangan (indoor). Setelah penjelasan konsep, diikuti dengan praktikum memanfaatkan gawai pribadi dan peralatan dari panitia.

Animo peserta terlihat sangat baik saat melakukan praktek teknik pengambilan foto dan editing video. Setelah pelaksanaan, para peserta mengisi kuesioner yang menunjukkan bahwa mereka puas dengan rangkaian acara dan berharap pelatihan-pelatihan sejenis dapat diadakan lagi di masa depan.

Comments are closed.