Pelaksanaan PEMATIK 11 “Cyber Security with Artificial Intelligence to Secure Data in the Digital Era” oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI)

Salam Budi Luhur !!

Pada hari Senin – Jumat, tanggal 27 November – 1 Desember 2023 telah dilaksanakan acara Pekan Mahasiswa Teknik Informatika (PEMATIK) 11 yang bertema “Cyber Security with Artificial Intelligence to Secure Data in the Digital Era” oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) dengan lancar dan sukses. Tujuan dari acara ini adalah mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang teknologi yang sedang berkembang saat ini. Target PEMATIK adalah masyarakat umum dan mahasiswa Teknik Informatika Universitas Budi Luhur. Kegiatan yang diadakan antara lain Seminar Nasional, Seminar Beasiswa, Talkshow PEMATIK (TIKTALKS), Lomba Siswa dan Mahasiswa, serta Workshop.

Pada hari Senin 27 November 2023 acara PEMATIK dibuka melalui Opening Ceremony dengan pemukulan gong oleh Deputi Rektor Bidang Digitalisasi Pembelajaran & Kemahasiswan yaitu Bapak Dr. Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc. Kemudian acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional bertema How Cyber Security and Artificial Intelligence Will Secure Your Data” dengan pembicara Bapak Prof. Dr.-Ing. Mhd. Reza MI Pulungan, S.Si., M.Sc. dan Mr. Dendi Zuckergates yang dimoderatori oleh Bapak Thariq Rafi Azany, S.Kom. dan Dr. Indra, S.Kom., M.T.I.

Pada hari ke-2 Selasa 28 November 2023 acara PEMATIK dilanjutkan dengan Seminar Beasiswa bertema “Strategi Sukses dalam Mengajukan Beasiswa Luar Negeri” dengan pembicara Bapak Ahmad Fuadi, S.IP., M.A., dan moderatornya Bapak Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti, S.Kom., M.Kom. Seminar ini membahas bagaimana mendapatkan beasiswa ke luar negeri dengan sukses dan memperkenalkan kepada peserta tentang teknik yang efektif untuk menghadapi persaingan yang ketat. Seminar ini juga memberikan pandangan mendalam tentang berbagai jenis beasiswa yang tersedia, sumber daya yang dapat digunakan, dan bagaimana membangun jaringan untuk meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Pada hari ke-3 Rabu 29 November 2023 PEMATIK mengadakan TIKTALKS bertema “Implementasi Keamanan Cyber Indonesia dengan AI” dengan pembicara Bapak Adang Rochiyat, S.Kom., M.Kom., dan moderator Ibu Reva Ragam Santika, S.Kom., M.Kom. Acara ini dibuka untuk umum dengan tujuan untuk berbagi wawasan, pengalaman, dan pemahaman tentang bagaimana penerapan kecerdasan buatan (AI) memainkan peran penting dalam memitigasi ancaman cyber security di Indonesia.

Pada hari ke-4 Kamis 30 November 2023 PEMATIK mengadakan acara Algorithm Competition untuk tingkat SMA/SMK dan mahasiswa. Untuk tingkat SMA/SMK bertema “Take your Team to Complete the Algorithm Case”, sedangkan tingkat mahasiswa bertema “Let’s Challenge your Team’s Skills and be the Winners in our Competition”. Juri pada kompetisi ini adalah Bapak Dr. Indra, S.Kom, M.T.I., Bapak Dr. M. Syafrullah, M.Kom., M.Sc., dan Bapak Ir. Moh. Sjukani, M.M.

Pada hari ke-5 Jumat 1 Desember 2023 dilaksanakan Workshop dengan teman “Learn about the SQL Map on Kali Linux for Database Security” dengan pembicara Bapak Wawan Setiawan. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta tentang penggunaan SQL Map terutama di lingkungan Kali Linux sebagai alat penting untuk menemukan dan melindungi keamanan basis data dalam dunia teknologi informasi.

Pada acara closing ceremony yang bertemakan “A Wonderful Day for an Achievement” menjadi penutup kemegahan acara PEMATIK 11 dengan adanya pemukulan gong sebagai tanda acara telah berakhir oleh Bapak Dian Anubhakti, M.Kom serta memberikan penghargaan kepada para finalis terbaik dalam kontribusinya selama mengikuti acara. Kemudian acara ditutup dengan foto-foto bersama.

Comments are closed.