KUNJUNGAN TIM FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS BUDI LUHUR KE BELANDA

Salam Budi Luhur !!

FTI Universitas Budi Luhur melakukan perjalanan ke Belanda dalam rangka menjalin hubungan Internasional. Kegiatan berlangsung pada awal bulan Desember 2023. Ada beberapa rangkaian agenda kegiatan ke Belanda, pertama adalah mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Denhaag Belanda, kemudian mengunjungi HZ University of Data Science di Middleburg, Belanda dan terakhir berkunjung ke startup company Your Surprise yang bertempat di Zierikzee, Belanda.

Pada kegiatan pertama FTI melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Denhaag Belanda, pada tanggal 03 Desember 2023. Tim FTI disambut langsung oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda H.E Mayertas dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Agus Setiabudi. Mereka menyampaikan Model Sistem Pendidikan di Belanda dan kondisi politik yang terjadi di Belanda sekarang ini serta memberikan dukungan penuh kepada FTI UBL untuk pembukaan Kelas Internasional Bidang Data Science bekerjasama dengan HZ University of Applied Science Belanda.

Pada tahun 2024 Universitas Budi Luhur Fakultas Teknologi Informasi akan membuka Kelas Internasional dibidang Data Science. Terkait dengan hal itu, pada tanggal 4 – 7 Desember 2023 tim dari FTI Universitas Budi Luhur melakukan kunjungan ke HZ University of Applied Data Science untuk menjalin hubungan kerja sama/kolaborasi dalam hal kurikulum gabungan, pertukaran pelajar (exchange student) dan program mahasiswa magang (Internship student) bagi mahasiswa UBL Internasional maupun mahasiswa HZ University.

Pada tanggal 4 Desember tim FTI UBL disambut hangat oleh tim dari HZ University dengan mengadakan acara makan malam bersama dan melakukan perbincangan ringan antara dua kebudayaan yang berbeda. Acara dimulai dari pukul 18.00 – 21.30 waktu Belanda. Acara makan malam hangat dihadiri oleh Manuel Magallon, Jorick Vos, Frans Blauw, Jolene Cijsouw, Stephan de Nijs dari tim HZ University dan Dr. Wendi Usino, Dr. Deni Mahdiana, Brury Sartana, Dr. Rusdah, Dr. Indra, Bima Cahya Putra, Rizky Pradana, Riri Irawati dari tim FTI UBL.

Acara kunjungan dengan HZ University berlanjut pada keesokan hari pada hari Selasa, 5 Desember 2023 pada pukul 10.00 waktu Belanda bertempat di ruang kuliah HZ University of Applied Science Middleburg, Belanda. Mula-mula acara diisi dengan pembukaan oleh kedua pihak yaitu Manuel Magallon selaku Program Manager HBO-ICT HZ University of Applied Science dan dilanjutkan oleh Bapak Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., selaku Rektor Universitas Budi Luhur dimana berharap agar melalui kunjungan ini akan terjalin silaturahmi antara 2 universitas sehingga 2 universitas ini dapat berjalan seirama.

Setelah sambutan usai, dilanjutkan dengan presentasi dari kedua Universitas. Presentasi HZ University diisi oleh Mr. Elio dan Mr. Frans yang menjelaskan mengenai kurikulum tahun pertama HZ University Applied Science dan Mrs. Jolene dan Mr. Stephan menjelaskan tentang kurikulum tahun kedua termasuk tentang program magang. Dilanjutkan presentasi dari Universitas Budi Luhur oleh Dr. Rusdah, M.Kom yang menjelaskan mengenai kurikulum Kelas International Data Science Universitas Budi Luhur.

Rapat dilanjutkan pada hari Rabu, 6 Desember 2023 pada pukul 10.00 waktu Belanda, pada rapat tersebut disepakati untuk kurikulum yang akan dipakai pada Kelas International Data Science Universitas Budi Luhur akan mengadopsi dari kurikulum HZ University of Applied Science. Selain itu ada beberapa hal yang disepakati berupa kerjasama pertukaran mahasiswa dan program magang antara kedua belah pihak. Pada pukul 14.00 dilanjutkan dengan tur Laboratorium dan bertemu dengan Prof. Mischa Beckers selaku Data Science Professor Research Group.

Setelah rapat selesai dilanjutkan dengan penutup dan diikuti sesi foto bersama. Secara keseluruhan acara ini berlangsung dengan lancar dan antusias dengan sinergitas kolaboratif antara Universitas Budi Luhur dan HZ University of Applied Science. Kemudian kegiatan masih berlanjut dengan mengikuti City Tour of Middleburg Belanda yang di adakan oleh HZ University. City Tour ini menjelaskan bagaimana sejarah yang terjadi pada daerah Middleburg Belanda, arti dari bangunan-bangunan yang didirikan dan kebudayaan sekitar Middleburg.

Kegiatan terakhir tanggal 07 Desember 2023, dengan mengunjungi perusahaan Starup: Your Surprise, dimana perusahaan tersebut merupakan mitra emas dari HZ University dalam hal lapangan kerja dan pengembangan mahasiswa HZ University. Perusahaan Your Surprise merupakan perusahaan pembuat produk yang dipersonalisasi sesuai dengan keinginan customer di Eropa dengan penjualan per hari mencapai 50.000 pesanan/hari secara online.

Comments are closed.