Pelaksanaan Festival of Innovation II oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTI: Menggagas Keterampilan Digital dan Pengembangan Karir di Era Digital

Salam Budi Luhur !!

Pada hari Senin dan Selasa, tanggal 20-21 November 2023 telah dilaksanakan acara Festival of Innovation II di Auditorium Grha Mahardika Bujana dan di Laboratorium ICT Universitas Budi Luhur yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dengan tema “Digital Workspace Skills & Career Development” . Acara ini terbuka untuk umum yang melibatkan mahasiswa/i, SMA/SMK/MAN dan masyarakat umum dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital serta membantu peserta beradaptasi dengan perubahan teknologi sebagai langkah awal menuju karir yang sukses. Festival of Innovation II menyelenggarakan acara berupa Talkshow, Workshop serta Data Analyst Competition dan Video Competition.

Pada hari Senin 20 November 2023 acara Festival of Innovation II ini dibuka oleh Dekan FTI Bapak Dr. Deni Mahdiana, S.Kom. M.M., M.Kom. Beberapa perwakilan dari Prodi juga turut hadir dalam acara ini. Acara dimulai dengan pelaksanaan Data Analyst Competition yang berfokus pada kemampuan peserta dalam menganalisis data. Peserta dari kompetisi ini adalah mahasiswa/i umum tingkat regional area JABODETABEK. Peserta akan diberikan dataset dan mereka harus menggunakan keterampilan analisis data untuk mengidentifikasi pola, trend dan pemahaman yang signifikan dari data tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan acara Video Competition yang dikhususkan untuk peserta SMA/SMK/MAN sederajat yang berfokus pada kemampuan peserta dalam membuat video dengan memanfaatkan digital workspace dalam bidang pendidikan.

Pada hari Selasa 21 November 2023 acara dilanjutkan dengan Talkshow yang bertema “Digital Transformation and Career Resilience: Preparing for the Future” oleh Bapak Isaac Munandar selaku CEO & Co-Founder Maxy Academy dengan moderator Bapak Agung Saputra, S.Kom, M.M selaku dosen FTI UBL. Pada sesi ini membahas pentingnya networking dalam era digital dan langkah-langkah praktis untuk membangun jaringan secara efektif. Kemudian untuk acara Workshop berjudul “Digital Upskilling: Navigating Learning Opportunities and Resources” dibawakan oleh Ibu Dinda Marlischa selaku Campus Partnership Manager Karir Lab. yang membahas pembentukan networking dan pembuatan resume secara umum.

Di akhir acara diumumkan pemenang dari Data Analyst Competition dan Video Competition kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Secara keseluruhan acara ini berjalan dengan baik karena mendapat dukungan yang luar biasa dari sejumlah sponsor serta media partner ternama. Semoga kedepannya BEM FTI bisa menyelenggarakan acara serupa yang lebih seru dan menarik.

Comments are closed.