Kuliah Umum Magister Ilmu Komputer “Menguasai ChatGPT: Memanfaatkan Kecerdasan Buatan Generatif untuk Penelitian”

Salam Budi Luhur !!

Pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 jam 10.00 s.d selesai telah dilaksanakan Kuliah Umum Magister Ilmu Komputer Fakultas Teknologi Informasi dengan tema “Menguasai ChatGPT: Memanfaatkan Kecerdasan Buatan Generatif untuk Penelitian” dengan narasumber Bapak Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom (Guru Besar Bidang Sistem Informasi Fasilkom Universitas Indonesia) dan Bapak Dr. Ir. Utomo Budiyanto., M.Kom., M.Sc selaku moderator. Kuliah Umum ini untuk semua mahasiswa program pascasarjana MKom khususnya yang sedang menyusun proposal maupun Tesis. Acara tersebut turut dihadiri oleh Rektor Universitas Budi Luhur Bapak Ir. Wendi Usino, MM., M.Sc., Ph.D, Dekan FTI Bapak Dr. Ir. Deni Mahdiana, S.Kom, M.M., M.Kom serta Ketua Program Studi Magister Ilmu Komputer Ibu Dr. Rusdah, S.Kom, M.Kom.

Acara Kuliah Umum ini dibuka oleh Rektor UBL serta Dekan FTI. Di awal pemaparan materi, pembicara menyampaikan beberapa contoh alat untuk translasi, software pengelolaan referensi, alat pemeriksa grammar, alat bantu analisis data, serta contoh teknologi AI. Setelah itu pembicara mulai menyampaikan materi inti tentang Konsep Dasar ChatGPT. Pada materi yang disampaikan, pembicara juga membahas serta memberikan contoh peran ChatGPT dalam siklus penelitian yaitu :

1. Perencanaan, ChatGPT menjadi media untuk mencari inspirasi topik penelitian, merumuskan gap, membuat state of the art, membangun model penelitian , mencari inspirasi metodologi dan membuat instrumen penelitian.

2. Pelaksanaan, ChatGPT menjadi media untuk mengolah data dan membuat program.

3. Penulisan, ChatGPT dapat membantu untuk pembuatan layout, parafrase, penerjemahan, formatting, pengecekan grammar, penyesuaian gaya penulisan, penyisipan teks antar kalimat, integrasi dengan Google Doc atau Ms. Word serta merevisi sesuai komentar reviewer.

Di akhir sesi materi, pembicara menyampaikan beberapa tips terkait pengecekan output dari ChatGPT serta etika terkait penggunaan ChatGPT seperti “Apakah kita selamanya mau bergantung pada ChatGPT? Otak manusia bisa tumpul jika”kecanduan” menggunakan ChatGPT

Di akhir acara sebelum berakhir, ada sesi pemberian sertifikat serta plakat dari Dekan FTI kepada pembicara serta moderator yang dilanjutkan dengan sesi foto-foto bersama.

Comments are closed.