Kemeriahan FTI Fair 2023 Menghadirkan Karya Ilmiah dan Melahirkan Pemenang-pemenang IT

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 06 Oktober 2023 – FTI Fair 2023 yang baru diadakan kali pertama oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur dengan ketua pelaksana Bapak Rizky Pradana, S.Kom., M.Kom. yang juga merupakan Ketua Program Studi Sistem Komputer, berhasil terselenggara dengan meriah dan banyak melahirkan prestasi. Acara ini terselenggara dengan tema “Artificial Intelligence in Robotic, IoT and Soft Computing” pada 4 dan 5 Oktober 2023 di gedung Graha Mahardika Bujana Universitas Budi Luhur pada pukul 08.00 – 16.00 WIB. “Keunggulan robot itu tidak pernah capek tapi intinya manusia punya kreatifitas & inovasi. Kita tidak akan kalah dengan robot karena robot dibuat oleh manusia. Ciptaan Tuhan yang paling sempurna dengan kemampuan yang bersaing dan belajar menghasilkan kreatiftas tinggi. Universitas Budi Luhur adalah kampus pertama sebagai kampus komputer sejak tahun 1979. Sekarang ini dengan adanya robot sebagai media untuk membantu dan memudahkan aktifitas sehari-hari,” ujar Rektor dalam menyampaikan sambutan.

“Pameran yang ada dalam acara FTI Fair 2023 ini melibatkan tiga Prodi, yaitu Sistem Komputer, Sistem Informasi & Teknik Informatika. Pada pameran ini kurang lebih ada 25 karya ilmiah yang ditampilkan. Harapan kami dengan adanya acara ini yang dihadiri siswa-siswi se-Jabodatebek mendapatkan pengalaman ilmu tentang Artificial Intelligence, saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh seluruh panitia, yaitu: tim dosen, ormawa FTI Budi Luhur dan seluruh satker yang telah bekerja sama untuk terciptanya acara FTI Fair 2023” ujar Ketua Pelaksana. Selain mahasiswa memamerkan karya ilmiah dari tugas akhir, mahasiswa Program Studi Sistem Komputer juga memamerkan robot tematik yang merupakan hasil dari perlombaan KRI (Kontes Robot Indonesia) 2023. Acara ini turut hadir Bapak Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua BPH Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Bapak Dr. Ir. Deni Mahdiana selaku Dekan Fakultas Teknolgi Informasi Universitas Budi Luhur, Bapak AMB Sunten Z Manurung, S.H, selaku Direktur Kerja Sama dan Humas, Bapak Widodo Ms, S.Kom. selaku Direktur Keuangan, Bapak Bruri Trya Sartana, M.M, M.Kom. selaku Direktur Promosi dan Bapak/Ibu tamu undangan lainnya, meliputi satuan kerja rektorat, direktorat, fakultas serta biro dan kelembagaan.

Seminar yang mengusung tema “AI In Business : Unleashing the potential and Endless Possibilities” dengan narasumber Ibu Dr. Baiq Hana Susanti, SPI., M.Sc. (Direktur Artificial Intelligence Center Indonesia) dan moderator Bapak Dr. Ir. Jan Everhard Riwurohi, M.T (Ketua Pusat Studi Robotika Universitas Budi Luhur) mampu mengajak siswa/siswi SMA/SMK/dan sederajarnya se-Jabodetabek serta Mahasiswa untuk mengenal Artificial Intelligence lebih dalam lagi. Workshop dan perlombaan yang dilaksanakan pada hari berikutnya, lebih tepatnya pada 5 Oktober 2023 yang terselenggara di Grha Mahardika Bujana Universitas Budi Luhur, Laboratorium ICT Universitas Budi Luhur, Laboratorium Jaringan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur dan Laboratorium Robotika Program Studi Sistem Komputer, perlombaan tersebut banyak melahirkan pemenang-pemenang di bidang IT, diantaranya:

NoPERLOMBAANPEMENANG
1NetworkJuara 1
Aditia Bagas Hermawan (SMK Muhammadiyah 3 Tangerang Selatan)
Juara 2
Septian (SMK Negeri 43 Jakarta)
Juara 3
Zulfan Dwi Aditia (SMK Negeri 43 Jakarta)
2UI/UXJuara 1
Putri Ronauli Simamora (SMA Negeri 4 Tangerang Selatan)
Juara 2
Fanan Agfian Mozart (SMK Telkom)
Juara 3
Maulida Syahbani (SMK Muhammadiyah 3 Tangerang Selatan)
3RobotikaJuara 1
Fazli Mawla Diapari, Ikram Wiksa Sajjana dan Muhammad Rasya Alfaeza (SMA Negeri 4 Tangerang Selatan)
Juara 2
Muhammad Reynard Gonza, Muhammad Rafi Riansyah dan Ahmad Kamal Al Ghiffari (MAN 10 Jakarta)
Juara 3
Fasyah M, M. Ridho B. dan Afri Kharisma (SMK Mega Bangsa)
4AlgoritmaJuara 1
Andhika Rikio (SMK Bina Putra Mandiri)
Juara 2
Tarmizi Nadzar Hamzah (SMK Negeri 43 Jakarta)
Juara 3
M. Raka (SMK Mega Bangsa)
5Mobile LegendJuara 1
Rizki Ramadhan, Fauzi, Naufal, Dafa dan Arif (SMK Triguna 1956)
Juara 2
Gemilang Darmaguna, Refaldy Hilmy Akram, Skha Alleante Sophyan, Rio Adriyanto dan Yasa Algifari (Universitas Budi Luhur)
Juara 3
Dwi Fikri Adiansyah, M. Rayhan Setyaharja, Nauval Arinsyah, Rafiansyah Pradipta dan Fattan Adzikkri (SMA Negeri 4 Tangerang Selatan)

Comments are closed.