Forum Diskusi BEM FTI (RSO, KPRS, SKPI, Beasiswa dan Kampus Merdeka)

Salam Budi Luhur !!

Pada hari Jumat, 20 Oktober 2023 telah dilaksanakan acara Forum Diskusi (FORDIS) yang diselenggarakan secara rutin oleh BEM FTI setiap 1 tahun sekali mengenai RSO, KRPS, Beasiswa dan Kampus Merdeka. Acara kali ini diadakan secara khusus untuk mahasiswa FTI angkatan 2022 dan 2023 dengan tujuan agar mahasiswa bisa mengetahui lebih jelas mengenai cara pengisian RSO serta KPRS, informasi SKPI, jenis- jenis Beasiswa serta informasi tentang Kampus Merdeka.

Acara ini dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Deni Mahdiana, S.Kom. M.M., M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan sebagai pengisi materi serta perwakilan Program Studi yaitu Bapak Bima Cahya, M.Kom (Ketua Program Studi Sistem Infromasi), Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom, M.M. (Sekretaris Program Studi Teknik Informatika), Bapak Rizky Pradana, M.Kom (Ketua Program Studi Sistem Komputer) beserta ibu Riri Irawati, M.Kom (Sekretaris Program Studi Sistem Komputer).

Pemaparan materi oleh Bapak Dr. Ir. Deni Mahdiana, S.Kom. M.M., M.Kom dimulai dengan memperlihatkan profil FTI yaitu jenis program studi yang ada di FTI, bidang peminatan di masing-masing program studi, proses efektif pengambilan sks untuk bisa lulus kuliah cepat waktu serta informasi adanya fasilitas Dosen Penasehat Akademik yang bertugas untuk membimbing dan membina mahasiswa untuk diarahkan agar mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dengan optimal.

Materi selanjutnya yaitu pembahasan RSO (Rencana Studi On-line) dan KRPS (Kartu Rencana Perubahan Studi) yang dimulai dari proses pengisian RSO dengan melihat bagan prasyarat yang ada di panduan KRS tiap program studi serta pengisian KPRS yang bisa dilakukan mahasiswa nantinya via Telegram, web (http://Kprs.budiluhur.ac.id) dan Dosen PA. Untuk materi mengenai SKPI, adanya aturan di FTI yang mensyaratkan minimal sertifikat yang harus dimiliki mahasiswa yaitu 6 sertifikat. Pada bagian informasi beasiswa dijelaskan bahwa jenis-jenis beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswa yaitu beasiswa Universitas, Kemristek Dikti dan beasiswa lain di luar kampus. Mengenai informasi Kampus Merdeka, sesuai aturan Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan “Hak Belajar 3 Semester di Luar Prodi”. Oleh karena itu FTI menyediakan program Kampus Merdeka yang dapat diikuti oleh mahasiswa FTI mulai semester 5. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa antara lain magang/praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, kegiatan wirausaha, studi independen dan proyek kemanusiaan. Pada akhir materi disampaikan informasi tambahan mengenai Student Exchange yang sudah dilakukan FTI antara lain dengan UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia) dan UGM (Universitas Gadjah Mada) serta pemberian tips sukses kuliah di perguruan tinggi.

Setelah pemaparan selesai diadakan sesi tanya jawab terkait materi yang sudah disampaikan dan dijawab langsung Bapak Dr. Ir. Deni Mahdiana, S.Kom. M.M., M.Kom. Kemudian di akhir acara diadakan sesi foto-foto bersama.

Comments are closed.