Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui PelatihanComputer Network dan Implementasi Cloud LABs Virtual Emulation untuk Meningkatkan KemampuanPada Aspek Soft Skill dan Media Praktikum di SMKS Nusantara 1 Ciputat

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 04 Juli 2023 – Alhamdulillah, pada Hari Jum’at, Mulai 02 Maret 2023 telah dilaksanakan kegiatan Kemitraan Kepada Masyarakat (PKM) dengan Topik/Judul “Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui Pelatihan Computer Network dan Implementasi Cloud LABs Virtual Emulation untuk Meningkatkan Kemampuan Pada Aspek Soft Skill dan Media Praktikum di SMKS Nusantara 1 Ciputat. Adapun tim pelaksana pada kegiatan PPM ini adalah Bapak Hillman A D, M.Kom dan Ibu Merry, M.Kom dan Ibu Farida, S.E.I, M.M.

Program Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) yang kami usulkan bermitra dengan SMK Nusantara 1 Ciputat, dan yang menjadi sasaran adalah guru dan peserta didik Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Salah satu tujuan dari peserta didik untuk jurusan TKJ adalah siap pakai pada industri kerja, dengan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi lulusan SMK yang dapat berfungsi sebagai individu yang memiliki keahlian atau soft skill dalam melakukan kompetensi pada masing-masing kejuruan. Uji Kompetensi Keahlian (UKK), juga menjadi fokus para guru untuk dapat mempersiapkan para peserta didik ketika dilaksanakan, karena merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi peserta didik untuk mengukur pencapaian kompetensi atau keahlian para peserta didik. Hasil dari UKK juga merupakan indikator standar kompetensi lulusan bagi siswa SMK. Ada beberapa kendala yang ketika kegiatan praktik dan implementasi diterapkan. Salah satunya adalah tidak semua sekolah dapat mempunyai dan menyiapkan peralatan (device) dan perangkat sesuai dengan standar industri atau perusahaan. Terbatasnya perangkat dan banyaknya kebutuhan perangkat, untuk kegiatan praktik peserta didik menjadi hal yang difokuskan para guru. serta kegiatan Prakerin pada dunia industri kerja, dengan kegiatan Prakerin ini siswa-siswi diharapkan akan mempratekkan secara langsung teori-teori yang sudah mereka dapatkan di sekolah. harapannya kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan mutu para siswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Materi dan implementasi yang diusulkan, disusun berdasarkan skema sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta didik yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik dan operasional. Kegiatan implementasi juga akan dilakukan untuk membantu para guru yang produktif dan siswa-siswi SMK Nusantara 1 Tangerang dalam meningkatkan dan pembahasan secara teori, implementasi, khususnya untuk kurikulum dan materi konektivitas jaringan berbasis Cisco dan MikroTik. Kemudian dalam persiapan pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan pelatihan ini juga akan menerapkan untuk kemampuan guru produktif agar dapat meningkatkan pengetahuan khususnya dalam bidang industri yang relevan ketika peserta didik melakukan kegiatan prakerin, sehingga kemampuan siswa dalam menerima materi kedepan agar lebih baik. Hasil dari PKM ini memperoleh peningkatan kapasitas keilmuan dan kompetensi sebesar 80% untuk pelatihan implementasi Cisco dan MikroTik, dan dan Implementasi Cloud LABs Virtual Emulation untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuatan Media Praktikum. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini juga akan membuat modul-modul latihan, pemberian materi secara konseptual dan praktik dalam sebuah workshop seperti konfigurasi dan simulasi peralatan.

Silabus pelatihan ini memberikan dan menguraikan untuk menyelesaikan terkait kondisi saat ini dimana kebutuhan untuk kegiatan praktik dan implementasi, di SMK Nusantara 1, masih kekurangan alat peraga atau tool untuk kegiatan dan implementasi pada terutama pada persiapan sebelum ujian UKK dilaksanakan, serta dapat mendapatkan wawasan tambahan tentang relevansinya dengan dunia industri. Kegiatan praktikum dengan Hypervisor Proxmox, EVE-NG akan dilakukan sesuai pada masing-masing modul. Tabel 2 merupakan alur kegiatan dan tahapan implementasi.

Selanjutnya, dalam prakteknya dari tahap instalasi dan pengoperasiannya, menggunakan LABs Emulation dengan Virtual Hypervisor Proxmox, dan EVE-NG Emulator untuk melatih keterampilan dalam sisi persiapan, pelaksanaan dan hasil. Hasil dari tahap setiap materi dan praktikum yang diberikan akan melakukan agenda pre-test dan post-test dengan tujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengikuti kegiatan PKM. Kegiatan Pre-Test dan Post-Test selanjutnya akan menjadi bahan dan evaluasi oleh tim pelaksana kegiatan dalam keberhasilan kegiatan PKM. Perbandingan dari tiap hasil
tersebut dari para peserta didik dapat dilihat pada Gambar 3 dibawah ini.

Dari beberapa aspek teknologi yang Teknologi perangkat yang akan diterapkan dari kegiatan PKM berupa, Mendesaian Virtual Lab menggunakan Virtual Machine VMware dengan Lab Emulation EVE-NG untuk impelementasinya, sehingga para peserta didik kedepannya untuk kegiatan praktikum peserta didik dapat menerapkan Cloud Lab Virtual, dengan menginstall dan mengkonfigurasi perangkat, router, server, PC yang mirip dengan perangkat sebenarnya pada Virtual Lab Emulation yang akan diimplementasikan, dan merepresentasikannya kepada para siswa-siswi dengan modul konseptual dan implementasinya.

Comments are closed.