PKM Paguyuban UMKM Pasar Gintung, Ciputat Timur, Tangerang Selatan  Melalui Pemasaran dan Penjualan Produk Online Berbasis Web Yang Terintegrasi Dengan Media Sosial dan Online Market

Salam Budi Luhur!!

Tangerang Selatan – Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat dari Universitas Budi Luhur pada Sabtu, 10 Juni 2023 mengadakan kegiatan pelatihan pemasaran melalui media sosial dan penjualan menggunakan online market di Pasar Gintung, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang sebagian besar anggota UMKM Pasar Gintung, 3 Dosen Universitas Budi Luhur  dan 1 mahasiswi FTI Univeritas Budi Luhur. Kegiatan yang dipandu pembawa acara dosen Universitas Budi Luhur, Mulyati, M.I.Kom ini dimulai pada pukul 09.00 WIB, diawali dengan pembacaan doa oleh salah satu peserta, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Paguyuban UMKM,  Mei Yanti Nainggolan, A.Md, SE.MM.Sdm sekaligus membuka acara. Ketua paguyuban UMKM dalam sambutannya menekankan pentingnya hubungan kemitraan antara perguruan tinggi dengan UMKM, dan menyampaikan terima kasih atas pemilihan paguyuban UMKM Pasar Gintung sebagai mitra pengabdian masyarakat Universitas Budi Luhur Jakarta.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh perwakilan dosen PKM Universitas Budi Luhur. Dalam sambutannya, perwakilan dosen menyampaikan terima kasih atas penerimaan pelaksanaan pengabdian masyarakat di UKM Pasar Gintung, dan juga memaparkan model-model pengabdian masyarakat di perguruan tinggi yang bisa bersinergi dengan kegiatan UMKM. Materi pelatihan pertama membahas pemasaran produk di media sosial disampaikan oleh Agnes Aryasanti, S.Kom., M.Kom., sekaligus Ketua Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat.  Dalam paparan materinya, Agnes menekankan pentingnya memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM. Media sosial merupakan jalur pemasaran produk yang tidak terbatas wilayah, sehingga harus dimaksimalkan. Agnes juga menjelaskan secara detil tips dan trik pemasaran yang jitu menggunakan berbagai platform media sosial, terutama penggunaan instagram bisnis yang memang difokuskan untuk pemasaran produk.

Materi berikutnya foto produk dan pemasaran menggunakan online shop yang disampaikan oleh Abdul Muis Sobri, M.Kom. Pada materi foto produk, peserta diberikan materi cara membuat foto produk yang bagus dan menarik baik menggunakan kamera smartphone maupun kamera profesional, termasuk penggunaan peralatan tambahan lain yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hasil pemotretan. Materi pemasaran menggunakan online shop diberikan setelah sesi istirahat. Pada materi ini, peserta dibimbing bagaimana membuat akun di beberapa online shop, upgrade akun sebagai seller dan mengatur preferensi toko hingga toko siap digunakan untuk menjual produk.

Kelompok PKM Universitas Budi Luhur juga menghibahkan situs website untuk Paguyuban UMKM Pasar Gintung yang bisa dimanfaatkan selama 1 tahun ke depan. Produk-produk seluruh anggota paguyuban UMKM Pasar Gintung, nantinya akan ditampilkan pada website tersebut.. Pengelolaan website ini nantinya akan diberikan kepada 2 orang administrasi paguyuban, yang akan dibimbing secara intensif setelah pelaksanaan pelatihan ini. Kegiatan ini berlangsung kondusif dan peserta antusias mengikuti pelatihan. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul PKM Paguyuban UMKM Pasar Gintung, Ciputat Timur, Tangerang Selatan  Melalui Pemasaran dan Penjualan Produk Online Berbasis Web yang Terintegrasi Dengan Media Sosial Dan Online Market.

Comments are closed.