Dosen Program Studi Komputer Menampilkan Produk Penelitian di Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV Tahun 2023

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 12 Juni 2023 – Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV merupakan event Nasional yang diadakan setiap tahun sebagai ajang tukar menukar informasi dan promosi terkait dengan teknologi inovasi, yang diselenggarakan di provinsi Lampung pada tanggal 01-11 Juni 2023 bertempat di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim Bandar Lampung tema “Inovasi Tiada Henti, Menguatkan Daya Saing Desa dan Menyejahterakan Warga”. Dalam rangka memeriahkan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV, Fakultas Teknologi Informasi turut serta menampilkan produk penelitian dari Bapak Yani Prabowo, S.Kom., M.Si. dalam kegiatan pameran teknologi tepat guna, yaitu pompa hidram. Pompa hidram ini sangat sebuah teknologi sederhana yang sangat berguna untuk petani dalam mengairi lahan pertanian tersebut. pompa hidram dapat bekerja tanpa adanya aliran listrik maupun bahan bakar untuk menggerakkan pompa. Harapan dari pameran ini masyarakat dapat mengenal dan mengaplikasian teknologi pompa hidram. Pameran diikuti juga oleh perwakilan setiap propinsi yang ada di seluruh Indonesia, Universitas Budi Luhur bekerja sama dengan DPPAPP DKI Jakarta menampilkan beberapa produk unggulan seperti mesin pengupas kentang, konversi motor bahan bakar minyak menjadi motor listrik.

Khusus kegiatan pameran teknologi tepat guna dilakukan selama 5 hari dari tanggal 5 -10 juni 2023 di Gedung PKOR Way Halim. Dalam pameran tersebut diajarkan kepada masyarakat untu dapat membuat pompa hidram dengan bahan yang mudah didapat. Hasil yang dicapai adalah masyarakat sangat tertarik untuk membuat pompa hidram, hal ini dapat diketahui melalui diskusi yang diadakan selama kegiatan berlangsung, pompa hidram ini sangat tepat untuk dilokasi dilahan pertanian masyarakat terutama dilokasi pengunungan dengan aliran sungai yang berada dibawah lahan pertanian.

Comments are closed.