Sistem Informasi & Keamanan Data Menggunakan Metode Elgamal Manajemen Zakat Infaq Dan Shadaqah (ZIS) Berbasis Website Pada Masjid Raudhatul Jannah Taman Cipulir Estate

Salam Budi Luhur !!

Kegiatan pengabdian pada masyarakat bertema pemberdayaan masyarakat melalui program manajemen zakat infaq shadaqah (ZIS) berbasis website menggunakan metode Elgamal yang diterapkan pada Masjid Raudhatul Jannah Taman Cipulir Estate. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan Minggu, 15 Januari 2023 yang dimulai pada pukul 15.30 sampai dengan 17.30 WIB di ruang rapat sekretariat masjid Raudhatul Jannah dan diikuti oleh 6 (enam) orang yang merupakan dewan kemakmuran masjid. Sedangkan tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat dari Universitas Budi Luhur terdiri dari : Bapak Dr. Indra, S.Kom., M.T.I, Bapak Agus Umar Hamdani, M.Kom dan Ibu Dr. Puspita Rani, S.E., M.Akt dan dibantu oleh 3 (tiga) mahasiswa Universitas Budi Luhur, yaitu : Ashabul Kahfi Fresar, Dwi Alfiyanti dan Marlina Hidayat. Dalam pelatihan tersebut dijelaskan penggunaan aplikasi manajemen ZIS, aplikasi tersebut merupakan hasil dari kegiatan kuliah kerja praktek yang dilakukan oleh Ashabul Kahfi Fresar, Dwi Alfiyanti dan Marlina Hidayat.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada peserta pelatihan yang telah menyempatkan waktu untuk mengikuti penyuluhan dan pelatihan yang diadakan oleh tim pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Budi Luhur. Dalam sambutannya, beliau berharap dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan dan edukasi terkait pentingnya pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung rutinitas kerja, terutama manajemen zakat infaq dan shadaqah (ZIS) di lingkungan masjid Raudhatul Jannah. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut merupakan salah satu perwujudan dari Tridharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen. Tridharma perguruan tinggi meliputi : pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di akhir kata sambutan, Bapak Agus Umar Hamdani, M.Kom menyampaikan harapan agar pelatihan yang dilakukan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur dapat dilanjutkan dan ditingkat di masa mendatang.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditutup dengan pemberian kuesioner kepada peserta pelatihan untuk mengetahui seberapa besar mereka mampu mengerti dan paham terhadap materi yang telah disampaikan serta evaluasi terkait aplikasi manajemen ZIS yang telah disampaikan. Peserta diminta untuk menjawab kuesioner yang diberikan melalui kertas kuesioner. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka dapat diketahui bahwa sebesar 35% peserta dapat mengikuti dan mempraktekkan materi dengan baik dan sebesar 66,68% peserta pelatihan aktif dalam sesi tanya jawab. Berdasarkan presentase diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar peserta dapat mengerti dan mampu mengikuti materi yang disampaikan dengan baik dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat Universitas Budi Luhur.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.