PKM Pada Bank Sampah Tri Alam Lestari Melalui Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Administrasi

Salam Budi Luhur !!

Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering anorganik yang memiliki manajemen layaknya perbankan pada umumnya tetapi yang disetor adalah sampah. Warga yang menabung juga disebut nasabah, memiliki buku tabungan berisi saldo uang dari hasil konversi atau penjualan sampah kepada bank sampah. Pemerintah menggalakkan bank sampah sampai dengan setiap kelurahan dan kecamatan harus memiliki bank sampah baik cabang maupun induk, hal ini bertujuan untuk memberikan kesadaran masyarakat terhadap sampah dan mengurangi intensitas sampah. Namun seiring waktu banyak bank sampah yang mati suri atau kurang mendapatkan antusiasme masyarakat karena beberapa masalah antara lain kurang terkelolanya dengan baik bank sampah yang ada mengakibatkan menurunnya keinginan masyarakat untuk peduli terhadap sampah, ditambah lagi dengan administrasi yang masih konvensional mengakibatkan pengurus kesulitan untuk mendata mutasi tabungan sampah warga. Salah satu upaya meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat dalam menanggulangi sampah adalah dengan mengikuti prilaku dalam masyarakat yaitu menerapkan teknologi untuk mengakomodasi seluruh kegiatan usahanya. Oleh karena itu TIM Dosen kolaboratif antara prodi  Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi dan Dosen Akuntansi/Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Budi Luhur, menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini lebih menikberatkan kepada implementasi teknologi/sistem informasi untuk membantu pencatatan kegiatan jual beli sampah dalam bentuk tabungan sampah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan teknik pengkodean sistem dan pelatihan penggunaan yang bertujuan untuk mengefisiensikan waktu dan perlinduangan data. Masyarakat sasaran yang menjadi fokus kegiatan ini adalah Bank Sampah Tri Alam Lestari yang terletak di Jl. Swadarma Raya Kp. Baru II Rt. 008/02 No.50 Kelurahan Ulujami Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut dilakukan pada (26/01/2023) lalu. Dihadiri oleh kurang lebih 5 orang peserta yang terdiri dari pemilik, pengurus dan nasabah. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari ketua Tri Ika Jaya Kusumawati, S.Kom, M.Kom, anggota Desy Mariani S.E, M.Akt dan 2 orang mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi. Melatih penggunaan sistem yang telah didbuat untuk bank sampah Tri Alam Lestari. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini lebih menitikberatkan pada implementasi sistem informasi bank sampah, sedangkan pelatihan penggunaan dilakukan untuk admin sistem yang diwakili oleh pemilik, sedangkan untuk nasabah diberikan dalam bentuk panduan penggunaan dan mekanisme menabung baru yang sudah dapat dilihat melalui sistem yang telah dibangun. Respon peserta pada kegiatan ini sangat antusias hal ini terlihat secara verbal maupun non verbal dan keaktifan peserta dalam melakukan praktik-praktik yang diberikan oleh narasumber

Pengabdian Kepada Masyarakat, Pembuatan Sistem Informasi Tabungan Sampah

Artikel ini ditulis oleh Tri Ika Jaya Kusumawati, S.Kom, M.Kom, dan Desy Mariani S.E, M.Akt. 

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.