Pengabdian Kepada Masyarakat: Penerapan Good Governance Melalui Sistem Informasi Desa Digital Pada Desa Wanagiri, Kecamatan Saketi – Pandeglang

Salam Budi Luhur !!

Pengelolaan manajemen daerah telah dilaksanakan di Indonesia sejak tahun 2004 yang ditetapkan melalui Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tenang otonomi daerah. Tujuan penyelenggaraan otonomi daerah dimaksudkan agar terbentuk penyelenggaraan dan pengelolaan daerah secara transparan dan akuntabel. Selain itu, prinsip efektivitas dan efisiensi khususnya di era globalisasi menjadi poin penting daerah dalam membentuk pemerintahan yang baik (good governance). Dalam rangka membentuk pemerintaah yang baik maka diperlukan pemahaman dalam penyelenggaraan penglolaan administrasi daerah berbasis teknologi maka dilakukan bentuk pengabdian kepada masyarakat di kantor desa Wanagiri, kecamatan Saketi, kabupaten Pandeglang Banten melalui pengenalan sistem informasi desa digital.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, tim dosen Universitas Budi Luhur yang terdiri dari Ibu Atik Ariesta, Titin Fatimah dan Jeanie Annissa. Materi yang diberikan yaitu pengetahuan tentang pentingnya Good Governance, siapa saja yang terlibat untuk mewujudkan Good Governance, prinsip-prinsip Good Governance, dan juga diberikan contoh aplikasi yang mendukung dari tercapainya Godd Governance dalam sebuah pemerintahan desa. Aplikasi yang dijadikan contoh adalah Sistem Informasi Desa Digital (SIDD). Pada aplikasi terdapat manajemen data warga, data kartu keluarga. Pada SIDD juga terdapat administrasi pelayanan warga seperti surat domisili, surat kematian, dan surat keterangan kelahiran. SIDD dibuat berbasis web sehingga dapat diakses secara intranet maupun internet. Kegiatan berlangsung di kantor desa Saketi pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2023 dengan durasi selama 4 jam. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa Wanagiri beserta dengan perangkat desa lainnya. Hadir pula Mahasiswa dari Universitas Budi Luhur yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada Desa Wanagiri, Kecamatan Saketi Pandeglang.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.