Mahasiswa KKN Budi Luhur Berikan Keterampilan Pada Anak Usia Dini dan Edukasi E-Commerce Pada Ibu PKK di RPTRA Nusa Indah Meruya Utara

Salam Budi Luhur !!

Pada 27 November 2022 hingga 08 Januari 2023 Kelompok R2 Mahasiswa Budi Luhur melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di RPTRA Nusa Indah Jl. Teknologi VIII RT.09/03 Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Kegiatan KKN Kelompok R2 yang terdiri dari 10 mahasiswa (Gitania Sahara, Lidiya Yolanda, Anisa Safira, Nada Salsabila, Yudi, Irma Andriyani, Riani Rahayu, Septalia Purba, Nadila Anggraini, Andi Rafsanjani) dengan didampingi oleh Windarto, S.Kom., M.Kom. sebagai pembimbing lapangan mentargetkan kelompok anak-anak usia dini tingkat SD untuk diberikan edukasi serta keterampilan dalam membuat karya seni agar bisa mengurangi keseharianya yang terlalu banyak bermain dengan gadget akibat pandemic yang banyak menggunakan gadget dalam kegiatan belajar mengajar. Ditambah saat ini permainan yang sedang viral yaitu Lato – lato.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini Tidak hanya edukasi kepada anak usia 6–10 tahun saja, tetapi juga memberikan edukasi kepada kelompok ibu-ibu rumah tangga yang tergabung aktif dalam kegiatan ibu-ibu PKK di lingkungan RPTRA Nusa Indah Meruya Utara yang di koordinir langsung oleh Ibu Alin selaku ibu RW dan juga Ketua Forum Ibu PKK. Edukasi yang diberikan adalah berupa pengenalan E-Commerce untuk para wirausaha. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat terutama ibu-ibu tidak tertinggal di era digital saat ini. Pada awalnya ada sedikit keraguan untuk memberikan edukasi tentang E-Commerce kepada kelompok ibu-ibu, akan tetapi sepertinya sudah tidak awam lagi bagi masyarakat umum tentang gadget karena hampir semua kalangan sudah pandai menggunakan gadget sebagai alat komunikasi. Jadi perlu diberikan edukasi agar penggunaan gadget atau smartphone bisa diarahkan kepada hal yang positif dan bermanfaat.

Bersinergi juga dengan pihak kelurahan, RPTRA, RT/RW dan juga kelompok PPSU atau yang biasa di sebut Pasukan Orange, kelompok KKN melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan RPTRA Nusa Indah Meruya Utara dan memperbaharui konsep tanaman yang sudah lama. Selain itu, dibantu oleh TIM PPSU Meruya Utara, kelompok KKN R2 juga memperbaharui warna cat pada Gedung RPTRA Nusa Indah Meruya Utara yang sudah lama using. Dari kegiatan tersebut terwujud suasana persaudaraan tanpa memandang jabatan ataupun status. Pada pertemuan akhir, kelompok KKN R2 berinisiatif mengadakan bazar tebus murah yaitu dengan menebus sembako seharga Rp. 20.000 jika di total dengan harga normal harganya lebih dari Rp. 20.000, Bazar Tebus Murah ini dilakukan sebagai bentuk edukasi bahwa kegiatan jual beli itu hanya perlu kemauan yang tinggi bukan gengsi yang tinggi.

“Kelompok KKN R2 mengucapkan banyak terima kasih kepada Bpk. Agus selaku Kesra Kelurahan Meruya Utara, Bapak Adib selaku Ketua Karang Taruna Meruya Utara, serta Ibu Alin sebagai perwakilan dari RW.03 serta warga masyarakat di lingkungan RPTRA Nusa Indah Meruya Utara yang sudah memberikan izin kepada kelompok KKN R2 untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang berjalan dengan lancar dari awal hingga selesai. Tak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Windarto, S.Kom., M.Kom yang sudah berkenan membimbing langsung, baik di lapangan, maupun komunikasi secara langsung melalui group chat. Semoga kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat di sekitar RPTRA Nusa Indah Meruya Utara. Kepada semua pihak yang terlibat apabila selama kegiatan berlangsung ada kesalahan dari kelompok kami baik dari segi sikap maupun ucap yang kurang, semoga berkenan untuk dibukakan pintu maaf, Terima Kasih.“

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.