Implementasi Pompa Hidram Untuk Sumber Irigasi Ramah Lingkungan Pada Lahan Pertanian Tanaman Padi di Desa Batu Retno – Wonogiri

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 16 Januari 2023 – Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Batu Retno Wonogiri Jawa Tengah. Kegiatan berlangsung secara bertahap dari bulan September 2022 sampai Januari 2023. Tim Dosen Universitas Budi Luhur yang terdiri dari ketua tim Bapak Yani Prabowo (FTI), Ibu Martini,M.Akt , dibersama dengan Bapak Suwasti Broto (FT) selaku perwakilan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur melakukan implementasi pompa hidram untuk sumber irigasi ramah lingkungan pada lahan pertanian tanaman padi di Desa Batu Retno Wonogiri Jawa Tengah sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Pompa hidram ini berfungsi untuk menaikan air ke tempat yang lebih tinggi tanpa menggunakan aliran listrik  atau mesin, hanya mengandalkan aliran air yang mengalir berdasarkan beda ketinggian aliran sungai. Air yang mengalir akan memberikan tekanan pada badan pompa dan ada dua buah klep yang bekerja bergantian saling kerja sama yaitu klep buang dan klep hantar. Pompa hidram ini mudah untuk  dibuat  dengan barang yang ada disekitar lingkungan warga, mudah dalam perawatan, Dalam kegiatan ini telah berhasil dilakukan instalasi pompa hidram dan aliran airnya telah dapat digunakan untuk mengairi area persawahan.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.