Edukasi Masyarakat Kelurahan Krendang Tentang Lingkungan Dan Teknologi Serta Menanamkan Nilai Kebudiluhuran

Salam Budi Luhur!!

Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan salah satu program kurikulum pendidikan di Universitas Budi Luhur dalam mewujudkan dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabadian kepada masyarakat. Dengan KKN diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber daya Manusia (SDM) serta keilmuannya untuk membantu masyarakat menyelesaikan permasalahannya. Pelaksanaan kegiatan KKN kelompok R.3 yang dibimbing oleh Windarto, S.Kom., M.Kom dilaksankan pada bulan Nov – Des 2022 di lokasi RPTRA Krendang, Kecamatan Tambora Kota Jakarta Barat. Kegiatan yang diketuai oleh Heni Susilowati ini berhasil dilaksanakan dengan dukungan penuh seluruh anggota kelompok diantaranya Nasip Fos Boy Mei Estoto, Devi Ratnaningsih, Dina Edwina, Silvia Nuriah Sari, Hans Lianggi Nugroho, Rusti Nurlani, Shinta Listiyani, dan Tania Nainggolan. KKN kelompok R.3 ini mengangkat tema tentang “Edukasi Masyarakat Kelurahan Krendang Tentang Lingkungan Dan Teknologi Serta Menanamkan Nilai Kebudiluhuran”.

Kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat tentang kebersihan lingkungan dan juga kebersamaan dari berbagai kalangan umur, serta untuk di era modern ini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat diharapkan agar masyarakat harus lebih bijak dan pintar dalam menggunakan teknologi. Dengan adanya kegiatan KKN ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap kepedulian, kesabaran dan saling menghargai antara masyarakat dengan mahasiswa, serta dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk dapat belajar caranya bernegoisasi, bergaul, juga menumbuhkan rasa kemandirian serta menambah kepedulian bagi mahasiswa terhadap lingkungan sekitar. Salah satu kegiatan yang dilakukan kelompok KKN R.3 adalah edukasi penyemaian tanaman hidroponik. Hidroponik adalah sistem budidaya tanam tanpa menggunakan media tanah. Kegiatan ini bertujuan untuk pembudidayaan tanaman menggunakan limbah plastik, dimana tanaman yang ditanam adalah tanaman sayuran. Anak – anak di lingkungan sekitar RPTRA Krendang sangat antusias mengikuti kegiatan edukasi penyemaian tanaman hidroponik ini. Kegiatan lainnya adalah melakukan kerja bakti dan memilah sampah. Kebersihan di masa pandemi seperti ini sangatlah penting, kegiatan ini bermanfaat sebagai sarana membangun kebersamaan dan kerjasama antar warga dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sehingga hidup menjadi nyaman dan terhindar dari penyakit.

Selain menciptakan lingkungan yang bersih limbah sampah yang dipilah juga dapat bermanfaat. Mahasiswa KKN juga memberikan edukasi kepada anak-anak di lingkungan RPTRA Krendang untuk menyalurkan kreativitas dan seni dengan memanfaatkan limbah botol. Kegiatan yang dilakukan adalah menggunakan kembali sampah botol minuman yang dihias sedemikian rupa sehingga dapat dimanfaatkan menjadi sebuah celengan. Kegiatan lainnya adalah edukasi tentang beretika dalam menggunakan media sosial dari usia dini. Hal ini dilakukan agar dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan lebih bijak lagi dalam menggunakan jejaring social. Kegiatan ini juga didukung dengan menamkan nilai – nilai kebudiluhan dalam diri agar kelak manjadi pribadi yang berakhlak mulia. Selain itu mahasiwa juga mengajarkan anak–anak menggunakan Microsoft Office. Tujuan kegiatan ini adalah agar anak-anak lebih mengenal teknologi bukan hanya untuk bermain games saja namun juga untuk kegiatan belajar yang nantinya akan berguna untuk kehidupan mereka di masa mendatang.

Penyuluhan tentang sosialisasi mengelola keuangan bagi ibu rumah tangga juga turut dilakukan guna meningkatkan pemahanan para ibu rumah tangga di lingkungan tersebut dalam mengelola keuangan rumah tangganya. Penyuluhan ini dilakukan dengan simulasi keuangan rumah tangga sehari-hari dengan rincian tingkat pendapatan keluarga, pengeluaran (mutlak dan penting), tabungan dan sumber pendapatan lainnya. Program ini sangat penting di masa – masa saat ini, tujuan sosialisasi ini diharapkan para ibu rumah tangga dapat membantu keluarga dalam merencanakan pemenuhan kebutuhan ekonomi anggota keluarga secara optimum, tercapainya stabilitas kehidupan ekonomi keluarga dan akhirnya pertumbuhan ekonomi keluarga lebih meningkat serta sejahtera. Kegiatan KKN di RPTRA Krendang Jakarta Barat ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada pengelola RPTRA Krendang sebagai kenang-kenangan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga di lingkungan RPTRA Krendang dapat mengaplikasikan edukasi serta penyuluhan yang telah diberikan sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari warga.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.