Pelatihan Penggunaan Moodle Bagi Pengelola NASIONAL RE Academy Pada PT Reasuransi Nasional Indonesia

Salam Budi Luhur !!

PT Reasuransi Nasional Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan NASIONAL RE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Reasuransi sejak tahun 1994. Dalam perkembangannya menangani bisnis reasuransi, NASIONAL RE saat ini menangani bisnis Reasuransi Konvensional maupun Reasuransi Syariah. Banyaknya produk reasuransi yang dikelola oleh NASIONAL RE, membutuhkan pengetahuan dan ilmu reasuransi yang memadai dari setiap pekerja reasuransi. Untuk itu perusahaan memiliki sebuah Bagian yang menangani hal tersebut yaitu Bagian NASIONAL RE Academy. NASIONAL RE Academy dalam mengelola terpenuhinya pengetahuan sumber daya manusia perusahaan, memberikan pelatihan / kursus mengenai ilmu asuransi dan/atau ilmu reasuransi. Dengan berpedoman pada nilai-nilai perusahaan yang dikenal dengan sebutan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) NASIONAL RE Academy berencana untuk memanfaatkan dukungan teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan kursus. Pemanfaatan platform pembelajaran Moodle (Moodle Learning Management System) menjadi pilihan NASIONAL RE Academy merupakan hal baru yang perlu dikuasai selain ilmu  reasuransi.

Untuk itu pelatihan penggunaan Moodle bagi pengelola NASIONAL RE Academy dilaksanakan oleh Yuliazmi, M.Kom selalu dosen FTI pada hari Kamis tanggal 22 September 2022. Pelatihan dilakukan di gedung PT Reasuransi Nasional Indonesia Jl. Cikini Raya No.99, Cikini, Jakarta disela-sela kesibukan kerja peserta dan keterbatasan ruang akibat renovasi area kerja. Namun demikian, terlihat antusias peserta dalam menyimak materi maupun saat mencoba dan mengekplorasi fitur-fitur Moodle. Dalam pelaksanaannya diberikan materi mengenai pengenalan dan pengetahuan memanfaatkan Moodle untuk mengelola kursus yang akan diadakan oleh NASIONAL RE Academy. Para peserta diberi kesempatan untuk mencoba secara langsung aplikasi LMS Moodle yang sudah dipersiapkan untuk kebutuhan pelatihan. Diskusi dan tanya jawab mengenai Moodle dilakukan bersamaan saat peserta mencoba aplikasi LMS Moodle. Dari pelaksanaan pelatihan ini, NASIONAL RE Academy dapat memanfaatkan LMS Moodle dengan baik mengingat sudah adanya dukungan infrastruktur teknologi informasi yang sudah sangat memadai. Dengan demikian NASIONAL RE Academy dapat menerapkan materi pelatihan dalam mengatur, menyusun serta mengelola materi maupun operasional kursus dengan lebih baik.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.