Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Akan Bahaya Sampah Plastik Untuk Bumi

Salam Budi Luhur !!

Jakarta Selatan – Di Indonesia masih banyak ditemukan pemakaian plastik yang merupakan salah satu material digunakan untuk kemasan sekali pakai. Namun sayang, pengelolaan sampah plastik di Indonesia belum dikelola dengan baik. Salah satu penyumbang masalah utama dalam pencemaran lingkungan, baik pencemaran tanah maupun laut adalah sampah plastik. Masalah ini timbul dikarenakan sifat sampah plastik yang tidak mudah terurai, butuh ratusan tahun bila terurai secara alami. Menurut data statistik persampahan domestik Indonesia, yang menduduki peringkat kedua sebesar 5.4 juta ton per tahun atau 14 persen dari total produksi sampah adalah jenis sampah plastik dan mampu menggeser sampah jenis kertas yang tadinya di peringkat kedua menjadi peringkat ketiga dengan jumlah 3.6 juta ton per tahun atau 9 persen dari jumlah total produksi sampah. Pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 2021/2022, Mahasiswa Universitas Budi Luhur Kelompok L7 melaksanakan Program KKN di jl lahab Rt.003/ Rw.008 kelurahan Petukagan Selatan Kecamatan Pesanggrahan Jakarta selatan yang dilaksanakan pada tanggal 03 juli – 07 agustus 2022. Kelompok L7 mengungsung tema “ Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Akan Bahaya Sampah Plastik Untuk Bumi”. Pengambilan tema ini sejalan dengan program kerja yang dilakukan yakni memanfaatkan potensi lahan taman sebagai media yang akan kami aplikasikan dalam beberapa program kerja yang telah disusun. Didampingi oleh Ibu Dewi Kusumaningsih, S.Kom, M.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan mahasiswa kelompok KKN L7 Universitas Budi Luhur yang beranggotakan 10 orang Mahasiswa/I dari lintas fakultas diantaranya; Alfiandi selaku ketua kelompok KKN L7 Universitas Budi Luhur lalu Dini Maulidianingsih, Dessy Rachmania, Eko Nurma Pusilat, Nadya Eka Rahmayanti, Oktafiani Santoso, Putri Septyaningsih, Rheval Agasta Treprilia, Seno Marta Utama, Vinola Irvin Putri yang memfokuskan kegiatan pada pemanfaatan sampah plastik pada lingkungan taman Al lahab.

Langkah awal yang kelompok KKN L7 Universitas Budi Luhur lakukan yaitu dengan melakukan kegiatan Pembukaan pada tanggal 2 juli 2022. Pembukaan kegiatan KKN kelompok L7 dilakukan secara resmi bersama Dosen Pembimbing Lapangan, Ketua RT, RW dan masyarakat setempat Jl al lahab. Setelah kegiatan pembukaan selesai dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi mengenai Sosialisasi Mengenai Sampah Plastik, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan bahaya sampah plastik serta juga cara pengelolaan dan pemanfaatan limbah sampah plastik. Langkah selanjutnya yang kelompok KKN L7 Universitas Budi Luhur lakukan yaitu dengan melakukan kegiatan Peremajaan fasilitas taman pada tanggal 17 juli 2022. Kegiatan ini dilakukan guna untuk merevitalisasi fasilitas taman agar nampak lebih baru supaya masyarakat terutama anak-anak yang bermain di area taman lebih nyaman dalam bermain. Setelah itu kegiatan yang kami lakukan yakni dengan mengadakan perlombaan membuat prakarya dari berbahan dasar sampah plastik yang diikuti oleh kalangan masyarakat setempat. Kegiatan ini dilakukan guna untuk memberikan hal positif untuk masyarakat akan pemanfaatan dan pengelolaan limbah plastik sehingga masyarakat lebih peduli lagi akan limbah sampah plastik.

Kami juga mengajak masyarakat setempat terutama kalangan anak-anak untuk mengikuti kegiatan menanam tanaman hias menggunakan pot dari limbah sampah plastik. Hal ini dilakukan agar memberikan edukasi sejak dini untuk menjaga lingkungan sekitar dengan melakukan penghijauan dan pemanfaatan limbah plastik. Adapun program kerja yang mendukung kegiatan untuk menjaga taman agar tetap asri yaitu dengan menanam tanaman hias dan membuat papan reklame yang didalamnya terdapat informasi ataupun edukasi agar supaya setelah kegiatan KKN kami telah selesai, papan edukasi itulah yang akan mengingatkan masyarakat agar dapat menjaga lingkungan taman supaya tetap asri. Diharapkan program – program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan berguna untuk masyarakat Jl. al lahab Rt.003/ Rw.008 kelurahan Petukagan Selatan Kecamatan Pesanggrahan Jakarta selatan. Kami juga berterimakasih kepada masyarakat sekitar yang telah banyak membantu kami menyelesaikan kegiatan KKN Kelompok L7 dengan senang hati. Untuk detail Kegiatan KKN Kelompok L7 bisa diakses melalui akun Instagram @kknl7.ubl

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.