Sosialisasi Flipped Learning

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 28 Juli 2022 – Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur mengadakan kegiatan berupa sosialisasi metode pembelajaran flipped learning untuk seluruh Dosen FTI Budi Luhur yang dilakukan 2 sesi pada 27 dan 28 Juli 2022. Sosialisasi flipped learning yang berlangsung 2 hari ini, yang bertindak sebagai narasumber adalah Bapak D. Ir. Achmad Solichin, S.Kom., M.T.I. selama 3 jam pada setiap sesinya. Tentu saja dalam sosialisasi ini banyak sekali yang ingin tahu atau ingin memperdalam ilmunya tentang flipped learning.

Namun, mungkin masih banyak yang belum familiar dengan flipped learning, yang kemudian menimbulkan banyak pertanyaan apa itu flipped learning? Bagaimana metode pembelajarannya? Seperti apa pilar dan penerapannya? Atau mungkin masih banyak lagi pertanyaan diluar sana tentang flipped learning ini.

Dikutip dari Flipped Learning Network (2014), flipped learning dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Ruang pembelajaran bersama menjadi ruang pembelajaran individu.
  2. Guru memberikan bahan pembelajaran sebelum kelas berlangsung.
  3. Siswa mempelajari bahan pembelajaran sesuai petunjuk dari guru.
  4. Ruang kelas menjadi ruang diskusi dan pendalaman materi.
  5. Pembelajaran interaktif

Lalu bagaimana dengan pilar dari flipped learning? Dan seperti apa penerapannya? pada dasarnya, pilar dari flipped learning terdiri dari 4, yaitu:

  1. F -> Flexible Environment
  2. L -> Learning Culture
  3. I -> Intentional Content
  4. P -> Proffesional Educator

Ingin tahu lebih lengkap tentang flipped learning? Tenang saja, Blutizen dapat mengunjungi kanal youtube berikut ini 01. Apa itu Flipped Learning? | Metode Pembelajaran Daring.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.