Revitalisasi Tanaman Hidroponik di RPTRA Puspita Guna Membantu Memberdayakan Kembali Tanaman Hidroponik yang Terserang Hama Tikus

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 31 Januari 2021 – Kelompok KKN K2 mengusung tema “Revitalisasi Tanaman Hidroponik di RPTRA Puspita Guna Membantu Memberdayakan Kembali Tanaman Hidroponik yang Terserang Hama Tikus”. Tema tersebut dipilih untuk membantu warga sekitar lingkungan RPTRA Puspita agar tetap produktif melalui aktivitas peduli lingkungan. Kegiatan ini meliputi budidaya tanaman hidroponik mulai dari instalasi, penanaman, penyemaian, hingga penanggulangan hama. Lokasi budidaya berada di Lingkungan RPTRA Puspita, RT 01/RW 03, Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Pesanggrahan. Kegiatan KKN telah menerapkan protokol kesehatan dan dilaksanakan selama 6 hari, tepatnya pada 11, 14, 18, 25, 26 Desember 2021 dan 08 Januari 2022 dengan bimbingan langsung oleh Dosen Pembimbing Dewi Kusumaningsih, S.Kom., M.Kom..

Kegiatan pertama pada 11 Desember 2021 dibuka dengan pemaparan tujuan dan rencana kegiatan KKN yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa, dosen pembimbing serta pengelola dari RPTRA Puspita. Pembukaan diikuti dengan edukasi terkait hidroponik, pentingnya makanan 4 sehat 5 sempurna, Pembasmian hama tikus, kegiatan sosial, dan kerja bakti. Pada hari Selasa, 14 Desember 2021, dimulai kegiatan penyemaian bibit tanaman kangkung. Tanaman kangkung dipilih karena mudah ditanam, paling cepat panen, sehat, dan ekonomis. Proses penyemaian sendiri dilakukan agar bibit tumbuh optimal sebelum dipindahkan ke media tanam.

Kegiatan berikutnya adalah pemindahan hasil semai bibit kangkung ke media tanam hidroponik yaitu paralon yang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2021. Caranya dengan memindahkan bibit kangkung yang sudah tumbuh menjadi tunas kangkung ke media tanam hidroponik/paralon. Selain itu, di hari yang sama kami juga melakukan beberapa tindakan untuk pencegahan dan pembasmian hama tikus. Karena sebelumnya hidroponik RPTRA Puspita sempat terkendala dengan hama tikus yang selalu merusak tanaman hidroponik sehingga kurang produktif. Pembasmian ini kami coba lakukan agar tanaman hidroponik tetap optimal tumbuh sampai hari panen nanti. Diikuti dengan kegiatan lain seperti sosialisasi makanan sehat kepada anak-anak, tanya jawab dan lomba mewarnai pada tanggal 25 Desember 2021, kegiatan sosialisasi lebih digencarkan kepada anak-anak di lingkungan RPTRA. Selain sosialisasi, diadakan juga kegiatan tanya jawab seputar materi sosialisasi serta lomba mewarnai dengan hadiah menarik.

Selanjutnya, mahasiswa KKN juga melakukan perawatan pada tanaman obat keluarga (TOGA) dengan merapikan lahan TOGA dan melakukan penanaman kembali tanaman-tanaman sesuai dengan pengelompokan jenis obatnya. Kegiatan tersebut tepatnya dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2021. Perawatan dilakukan untuk membersihkan dan merapikan tempat budidaya tanaman obat keluarga yang sebelumnya sudah ditanam oleh lingkungan RPTRA Puspita. Mulai dari mengganti media tanam, menambah pupuk, hingga menata dekorasi.

Kegiatan terakhir adalah penutupan KKN yang dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2022. Kegiatan ini meliputi acara seremonial, pembagian sembako, dan panen hasil tanaman hidroponik. Panitia juga memberikan plakat dan sertifikat kepada pengelola RPTRA Puspita. Kegiatan penutupan dihadiri oleh ketua PKK, ketua RT, ketua RW, pengelola RPTRA, dosen pembimbing KKN, warga sekitar, dan seluruh mahasiswa KKN kelompok K2. Secara keseluruhan, kegiatan KKN berlangsung dengan baik dan seluruh warga turut antusias. Program yang telah dilaksanakan selama KKN diharapkan bermanfaat bagi warga sekitar dan dapat berlanjut dalam jangka panjang.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.