Melestarikan Ekosistem di Daerah Perkotaan dengan Budidaya Tanaman Hidroponik dan Budidaya Ikan Lele

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 31 Januari 2022 – Kelompok KKN 05 dilaksanakan langsung di kampung Marga Jaya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan selalu membersihkan tangan menggunakan handsanitizer. Selain menerapkan protokol kesehatan, kami juga mengajak masyarakat setempat untuk ikut serta menerapkan  protokol kesehatan dengan membagikan Goodie bag yang berisi masker, handsanitizer, dan vitamin C. Kelompok KKN 05 mengusung tema “Melestarikan Ekosistem di Daerah Perkotaan dengan Budidaya Tanaman Hidroponik dan Budidaya Ikan Lele”. Alasan kami mengusung tema tersebut karena kami ingin ikut bersama masyarakat Marga Jaya berkontribusi dalam melestarikan lingkungan setempat. Selain untuk melestarikan lingkungan, hasil budidaya yang bisa di jual ke pasar juga bisa menjadi sumber pemasukan bagi warga setempat. Kegiatan KKN dilaksanakan sebanyak 4 kali kunjungan dalam kurun waktu satu bulan, tepatnya pada tanggal 2, 9, 16, dan 23 Januari 2022. Kelompok KKN 05 terdiri dari 10 orang dengan Dosen Pembimbing Dewi Kusumaningsih, S.Kom., M.Kom.

Kelompok KKN 05 memiliki beberapa kegiatan KKN yang dilakukan di Kampung Marga Jaya seperti Budidaya Tanaman Hidroponik. Budidaya Tanaman Hidroponik dimulai dari penyemaian bibit dalam media tanam (rockwool), penyesuaian suhu selama 1×24 jam, peremajaan, pembesaran hingga tanaman tersebut bisa di panen untuk kemudian di jual. Kegiatan budidaya tanaman hidroponik dibantu oleh RW dan RT setempat yang sudah memiliki expertise dalam bidang pembudidayaan tanaman. Selain melakukan Budidaya Tanaman Hidroponik, Kami juga melakukan Budidaya Ikan Lele di Kampung Marga Jaya. Budidaya dimulai dari proses perbaikan kolam lele lama yang sudah tidak bisa digunakan menjadi kolam baru yang memungkinkan untuk dijadikan tempat pembudidayaan. Setelah kolam diperbaiki, Kami mengisi kolam tersebut dengan air yang berisi cairan fermentasi selama 1 minggu sebelum kolam siap di masukkan oleh 1000 ekor bibit lele. Setelah melakukan Budidaya Lele, Kami juga melakukan pembersihan lingkungan setempat dan mengganti keran wastafel yang tersedia di tempat tersebut agar tetap terjaga kebersihan dan keasriannya.

Pada hari terakhir kegiatan KKN kelompok kami mengundang anak-anak Kampung Marga Jaya untuk kemudian mengadakan lomba mewarnai. Lomba mewarnai dihadiri oleh 30 Anak-anak yang menuangkan kreativitas mereka masing-masing di dalam media mewarnai. Kami memberikan hadiah dan Goodie Bag snacks sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak yang sudah berani untuk mengikuti kegiatan lomba mewarnai menuangkan hobi mereka bersama kami Kelompok 05 KKN Universitas Budi Luhur.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.