KKN Universitas Budi Luhur di Kp. Dadap Tangerang Selatan

Kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Budi Luhur di Kampung Dadap Banyak Menuai Pujian Dari Warga Setempat

Salam Budi Luhur !!

KKN Universitas Budi Luhur di Kp. Dadap Tangerang Selatan
KKN Universitas Budi Luhur di Kp. Dadap Tangerang Selatan

Tangerang Selatan, 22 Februari 2021 – Pelaksanaan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Universitas Budi Luhur dengan judul kegiatan “Sosialisasi dan Edukasi Kesehatan  COVID-19 Kelompok 50 yang di laksanakan di Kp. Dadap RT 01/RW 03 , Kecamatan Serpong , kelurahan Rawa Buntu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung program pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran Virus COVID-19 serta kegiatan yang berbasis kebudiluhuran, dan Kegiatan pelaksanaan ini dilakukan di bulan Desember – Januari 2021. Selain demi menuntaskan kewajiban kemahasiswaan, pelaksanaan kegiatan ini juga menjadi bukti nyata pengabdian secara langsung dengan mengajak masyarakat melakukan kegiatan positif di sela-sela pandemik COVID-19 yang terjadi saat ini. Harapannya kegiatan ini akan membuat masyarakat setempat sadar akan menjaga kebersihan dan mendapatkan edukasi tentang COVID-19 serta mampu membantu pemerintah memutus rantai pandemik. Saya sangat berterimakasih kepada para mahasiswa Budi Luhur yang telah melaksanakan kegiatan KKN di daerah kami, karena dengan kegiatan ini warga saya dapat lebih toleran tentang pandemik dan juga kegiatan yang dilaksanakan sangat menghibur serta bermanfaat bagi kami para warga,” ujar Pak Nanang selaku ketua RT 01 Kampung Dadap.

Kegiatan Kerja Bakti Lingkungan Setempat
Kegiatan Kerja Bakti Lingkungan Setempat

Beberapa kegiatan yang di lakukan adalah melakukan senam sehat, mengedukasi tentang kesehatan dan pencegahan COVID-19, memberikan tempat cuci tangan portable, melakukan kerja bakti diwilayah sekitar, membuat lomba untuk anak anak tentang mencuci tangan dengan baik dan benar,dan memberikan sebuah mural yang berisikan tentang ajakan untuk selalu bersih dan aman dari virus COVID-19. Kegiatan awal yang di lakukan adalah Kerja Bakti. Kerja bakti dilakukan untuk mengurangi sampah yang berserakan dilingkungan sekitar. Sekaligus upaya menciptakan lingkungan yang bersih, Mahasiswa dan Warga bekerja sama berbondong-bondong saling membantu demi meringankan kegiatan yang di lakukan. Kerja bakti di lakukan secara secara teratur dengan mengikuti Protokol Kesehatan sesuai Undang-Undang. Peralatan yang digunakan juga berasal dari rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran virus. Area yang dibersihkan meliputi selokan yang banyak sampah, halaman rumah masing-masing warga, dan juga area jalan utama Kampung Dadap. Pembersihan berfokus pada sampah yang berserakan dan area yang kotor tidak terurus untuk mencegah pertumbuhan kuman yang berbahaya bagi kesehatan warga.

Kegiatan Pembuatan tempat Cuci Tangan
Kegiatan Pembuatan tempat Cuci Tangan

Dalam situasi new normal seperti ini tetap mengharuskan kita semua untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Untuk itu kami melakukan pembuatan tempat cuci tangan diwilayah sekitar kampung dadap untuk dipergunakan oleh masyarakat sebagaimana mestinya, sekaligus agar digunakan untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas diluar rumah. Tempat cuci tangan ini dipergunakan juga untuk kegiatan lomba cuci tangan untuk anak balita, agar bisa mengedukasi dan praktek secara langsung tentang hidup bersih dan sehat yang dimulai sejak dini. Dalam situasi new normal seperti ini tetap mengharuskan kita semua untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Untuk itu kami melakukan pembuatan tempat cuci tangan diwilayah sekitar kampung dadap untuk dipergunakan oleh masyarakat sebagaimana mestinya, sekaligus agar digunakan untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas diluar rumah. Tempat cuci tangan ini dipergunakan juga untuk kegiatan lomba cuci tangan untuk anak balita, agar bisa mengedukasi dan praktek secara langsung tentang hidup bersih dan sehat yang dimulai sejak dini. Mengingat tingginya kasus COVID-19 disebabkan virus yang menyebar sangat cepat dari lingkungan, maka dari itu penyemprotan disinfektan sangat penting untuk memutus jaringan virus pandemik demi terwujudnya masyarakat yang sehat dan terhindar dari virus.

Penyemprotan Disinfektan ke Rumah Warga
Penyemprotan Disinfektan ke Rumah Warga

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini di lakukan pada siang hari oleh para mahasiswa itu sendiri, alat yang digunakan pun berasal dari pihak mahasiswa. Demi kemudahan menjangkau semua rumah di RT 01, sebelum melakukan penyemprotan disinfektan, warga di informasikan terlebih dahulu agar semua warga yang terlibat dapat mengikuti kegiatan ini dengan tertib. Semua rumah yang berada di area RT 01 RW 03 Kampung Dadap semuanya mendapatkan kesempatan untuk disemprot disinfektan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 atau mencegah penyakit lainnya. Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan sekaligus memperkenalkan sosialisasi program-program KKN, disini di adakannya kegiatan edukasi dan sesi tanya jawab kepada seluruh masyarakat

Dengan latar belakang S1 kedokteran, Dr. Qannisa Afianti Razzqy membagikan ilmu kesehatan kepada seluruh masyarakat dalam kegiatan edukasi ini. Materi yang diberikan kebanyakan bertema menjaga kebersihan lingkungan dan menekan penyebaran virus COVID-19. Dimulai dengan penyuluhan terhadap pentingnya menggunakan masker, Dr. Qannisa juga menjelaskan bagaimana cara memakai masker serta cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Dengan adanya penyuluhan ini di harapkan seluruh warga Kampung Dadap sadar akan pentingnya mencegah penyebaran virus COVID-19.

Edukasi COVID-19 Oleh Dr. Qannisa
Edukasi COVID-19 Oleh Dr. Qannisa

“Di masa pandemik ini sangat penting bagi kita semua untuk menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Memakai masker juga ada aturannya loh, yaitu masker harus sesuai standar, harus memiliki minimal 3 layer, dan juga saat memakainya harus menutupi seluruh hidung hingga dagu. Penggunaan masker sesuai anjuran harus dilakukan untuk memaksimalkan kegunaan masker itu sendiri. Untuk para warga yang tidak sempat mencuci tangan, kalian dapat menggunakan hand sanitizer sebagai pembersih tangan kalian setelah melakukan kegiatan apapun. Dan menjaga jarak juga penting demi menghindari penularan virus COVID-19” ucap Dr. Qannisa dalam menyampaikan materi penyuluhan.

Kegiatan Senam Sehat di Lapangan
Kegiatan Senam Sehat di Lapangan

Karena PSBB yang berlaku, banyak warga yang enggan keluar rumah untuk sekedar olahraga atau melakukan kegiatan lain. Maka dari itu kegiatan Senam Sehat ini sangat bermanfaat bagi warga setempat demi meningkatkan imun tubuh dan juga menyehatkan tubuh serta terhindar dari penyakit. Kegiatan senam ini dilakukan dari jam 7 pagi hingga jam 8 yang kebanyakan di ikuti oleh para ibu – ibu. Tak lupa akan protocol kesehatan, senam sehat tersebut juga mengharuskan para peserta senam untuk menggunakan masker dan juga memakai hand sanitizer serta menjaga jarak. Semua peserta yang mengikuti kegiatan sangat senang dan menikmati kegiatan senam karena para peserta sendiri mengakui telah merindukan kegiatan senam sehat yang dulu sempat diberhentikan karena dimulainya pandemik yang terjadi.

Kegiatan Lomba Mencuci Tangan Untuk Anak Balita
Kegiatan Lomba Mencuci Tangan Untuk Anak BalitaKegiatan Lomba Mencuci Tangan Untuk Anak Balita

Tidak melupakan bagian para balita untuk mengikuti kegiatan KKN ini, maka diadakannya lomba mencuci tangan untuk para balita guna mengedukasi balita tentang pentingnya mencuci tangan serta menjaga kebersihan. karena para generasi berikutnya harus sangat diperhatikan demi terciptanya masa depan yang lebih baik diisi oleh generasi yang teredukasi. Para balita yang mengikuti lomba sangat antusias karena hadiah yang ditawarkan juga beragam dan menarik. Aturan lomba yang simple juga mempermudah para balita mengikuti lomba, yaitu aturannya para balita harus mencuci tangan sesuai aturan yang dianjurkan dan tidaklah lupa menggunakan sabun cuci tangan.

Hasil Melukis Mural di Tembok Lingkungan
Hasil Melukis Mural di Tembok Lingkungan

Selain kebersihan yang harus diperhatikan, KKN ini melakukan kegiatan yang bertujuan untuk memperindah lingkungan setempat. Dengan melakukan mural, para mahasiswa mulai menggambar ditembok tembok yang tersedia dengan menyampaikan pesan yang tersurat dalam bentuk seni sehingga selain mengindahkan lingkungan, kegiatan ini juga bisa selalu mengingatkan para masyarakat tentang menjaga kesehatan. Demi memaksimalkan keahlian para Mahasiswa dalam bidang seni, mural ini juga tidak membuat tembok lingkungan menjadi lebih bagus dipandang. Isi pesan yang disampaikan adalah “jangan lupa mencuci tangan dan saling menjaga kebersihan”

“Saya Reza sebagai Ketua Acara KKN mewakili semua mahasiswa dan pihak yang terlibat dalam kegiatan sangat mengucapkan terimakasih kepada Bapak Nanang selaku ketua RT 1 Kampung Dadap karena dengan rendah hati mengizinkan kami melakukan kegiatan KKN yang sangat bermanfaat ini. Tak lupa juga kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Andrea Abdul Rahman Azzqy, S.kom,M.si Selaku dosen Pembimbing KKN kami, Dr. Qannisa Afianti Razzqy selaku narasumber kegiatan edukasi kami, Bapak Nur Alamsyah Selaku Pengurus Kelurahan Rawa buntu , Bapak H.Abdul Hamid selaku Ketua Pengurus masjid Nurul Falah Kp.dadap Rawa buntu, Kakak hadian Selaku Ketua Karang Taruna Kelurahan Rawa Buntu, dan  Bapak Yahya Selaku Ketua RW 3 Kampung dadap, Rawa buntu yang turut membantu serta membimbing kami dalam pelaksanaan kegiatan. Bagi kami Mahasiswa, kegiatan ini sangat bermanfaat dan juga menjadi pengalaman tersendiri yang tidak akan kami lupakan. Untuk kedepannya semoga kami semua tetap mampu menjalin silahturahmi yang baik. Sebagai pelaksana kegiatan KKN ini, kami para Mahasiswa Universitas Budi Luhur meminta maaf jika selama kegiatan ada perilaku serta ucapan yang tidak berkenan di hati para masyarakat setempat. Terimakasih” ujar Reza selaku Ketua Acara KKN. Ucapan perpisahan yang sampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat.

Perpisahan dan Ucapan Terimakasih Kepada Petinggi Kampung Dadap
Perpisahan dan Ucapan Terimakasih Kepada Petinggi Kampung Dadap

Selain ucapan perpisahan, dengan adanya pertemuan ini pihak Mahasiswa dan juga pihak Kampung Dadap akan bertukar pendapat tentang kegiatan yang berlangsung serta evaluasi yang sangat di butuhkan demi kebaikan kegiatan KKN tersebut.

Comments are closed.