Pelaksanaan Forum Diskusi Persiapan Sidang KKP dan Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika Semester Gasal 2020/2021

Salam Budi Luhur !!

Pada Jumat, 11 desember 2020 pukul 13.30 wib telah dilaksanakan forum diskusi “Persiapan Sidang KKP dan Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika Semester Gasal 2020/2021” yang diadakan oleh HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) dan acara tersebut di pandu oleh Damar Bambang Suwarno. Peserta yang mendaftar ada 104 peserta. Acara ini dihadiri oleh seluruh kbom khusunya pada Fakultas Teknologi Informasi dan juga beberapa dosen pembimbing KKP dan TA. Sebelum memasuki acara inti, sambutan juga diberikan oleh Syahla Nur Luthfiyana selaku ketua acara dan Thariq Rafi Azany selaku ketua umum HIMTI. Tentu saja acara ini menghadirkan narasumber yang paham dibidangnya, antara lain : Bapak Dr. Indra, S.Kom, M.T.I., Bapak Rizky Pradana, S.Kom., M.Kom., Bapak Basuki Hari Prasetyo, M.Kom. dan Bapak Haris Munandar, S.T, M.T.I.

Pemaparan diskusi yang pertama dimulai dengan membahas tentang KKP oleh Bapak Rizky Pradana, S.Kom., M.Kom., direncanakan jadwal sidangnya dimulai dari awal Januari 2021 dengan ketentuan di panduan, waktu pelaksanaan sesuai kesepakatan bersama dosen pembimbing. Pelaksanaan sidang sesuai dengan instruksi dosen pembimbing. Penilaian sidang KKP terdiri dari 15% untuk presentasi + demo program, 20% untuk penulisan, 25% untuk penugasan materi/teori, 40% penguasaan program (solusi) diambil 60% dari hasil penilaian sidang dengan dosen pembimbing, 100% untuk penilaian supervisor (pembimbing lapangan). Masih terkait dengan KKP,Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Bapak Haris Munandar, S.T., M.T.I., membahas tentang kiat sukses KKP, Pra KKP, masa-masa KKP, Masa sidang KKP, Pasca sidang KKP.

Pada pembahasan berikutnya tentang tugas akhir ( skripsi) , Bapak Haris munandar menyampaikan materi permasalahan (observed problem) berupa realistis dan harapan dan masalah , urgensi masalah (observed problem) data yang mendasari berdasarkan hasil wawancara dengan manager klaim, jurnal/teori/referensi penulisan harus sesuai, memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan, pertanyaan seputar penelitian bagaimana rancangan dan implementasi sistem infomasi. Menjelaskan landasan teori, memberikan ilustrasi-ilustrasi, menjelaskan tentang metodologi riset. Serta memberikan tips dan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat sedang membuat paper skripsi. Masih terkait dengan TA( Skripsi) pelaksanaan sidang Skripsi  sesuai dengan instruksi dosen pembimbing. Penilaian sidang TA (Skripsi) terdiri dari 15% untuk presentasi + demo program, 20% untuk penulisan paper, 40% untuk penguasaan materi /teori, 25% untuk penguasaan program. Juga menjelaskan hal-hal yang meninggalkan sidang dan diharapkan Mahasiswa/i setelah sidang dapat publikasi jurnal ilmiah ke setiap dosen pembimbing.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan belajar dirumah.

Comments are closed.