Pelaksanaan PETIMATI 8 “When Machine Understanding and Processing Human Language”

Salam Budi Luhur !!

PETIMATI (Pekan Teknologi Informasi Mahasiswa Teknik Informatika) ke-8 merupakan acara tahunan yang diadakan oleh HIMTI UBL (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Budi Luhur) dengan tema “When Machine Understanding And Processsing Human Language” yang diadakan pada 16 – 20 November 2020.  Acara ini resmi dimulai pada tanggal 16 November 2020 Via video conference melalui aplikasi Zoom, sambutan disampaikan oleh Sefta Diwa Ananda selaku Ketua Pelaksana, Thariq Rafi Azany selaku Ketua HIMTI UBL, Bapak Dr. Indra, S.Kom., M.T.I selaku Kaprodi Teknik Informatika dan Bapak Dr. Deni Mahdiana, S.Kom., M.M., M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknologi Informasi.

Pada hari yang sama, berikutnya dilaksanakan Webinar Nasional “The Evolution Of Natural Language Processing And Speech Recognition For Industry 4.0” pukul 10.00 – 15.05 WIB yang dihadiri oleh 386 peserta, dengan pembicara Ibu Dessi Puji Lestari, ST.,M.Eng., Ph.D selaku Kaprodi Teknik Informatika ITB, Ibu Dr. Eng. Ayu Purwarianti, ST.,MT. selaku Ketua Pusat AI (Artificial Intelligence), dan Bapak Ismail Fahmi, Ph.D. selaku Founder Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia. Adapun hal yang dibahas dalam webinar nasional tersebut adalah sebuah AI (Artificial Intelligence) pada bidang NLP dan Speech Processing di karenakan masifnya pertumbuhan informasi tidak terstruktur yang berupa teks dan suara dalam dunia marketing dan bisnis, yang bermanfaat untuk mahasiswa dan masyarakat umum agar dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan cara yang lebih baik.

Selasa, 17 Novermber 2020 pukul 12.30 – 15.40 WIB dilaksanakan WORKSHOP : “Work Faster & Smarter With Automated Chat Bots”  via video conference melalui aplikasi Zoom dengan 25 peserta dan pemateri Bapak Mohammad Agustiar selaku Project Manager Lenna.ai dan Bapak Willy Dwi Raharjo selaku Conversation Specialist Lenna.ai. Kegiatan yang dilakukan dalam workshop tersebut adalah membuat Chatbots untuk membantu kegiatan sehari-hari maupun bisnis, yang dibuat menggunakan platform Dialog Flow.

Rabu, 18 November 2020 dilaksanakan Lomba Algoritma “Show your skill in era of technology” khusus bagi Mahasiswa Universitas Budi Luhur dengan peserta 8 teams dan yang bertindak sebagai juri adalah Bapak Ir. Moh. Sjukani, MM.

Kamis, 19 November 2020 dilaksanakan Lomba Inovasi Show your innovation skill in edutech and health sector khusus SMA/SMK, dengan 4 teams dari MAK UI, SMK Tunas Grafika Informatika (Team Kuat dan Team Hebat) dan SMA Santa Ursula. Juri pada perlombaan ini adalah Bapak Dr. Gandung Triyono, M.Kom, Bapak Dr. Indra, S.Kom., M.T.I dan Bapak Rizky Pradana, S.Kom., M.Kom.

Kemudian pada hari Jum’at, 20 November 2020 di adakan acara Talkshow Millennial and Technology” yang dihadiri oleh 188 peserta, dengan pembicara Bapak Romi Satria Wahono Founder dan CEO PT Brainmatics, IlmuKomputer.Com dan Bapak Nur Rohman selaku Chieft Product Officer Dicoding. Sekaligus penutupan rangkaian acara PETIMATI (Pekan Teknologi Informasi Mahasiswa Teknik Informatika) ke-8 Via Video Conference melalui aplikasi Zoom pukul 14.00 – 16.35 WIB. Pada Acara ini juga diumumkan pemenang dari perlombaan yang telah dilaksanakan, yaitu:

Lomba Algoritma “Show your skill in era of technology

  1. Epilogue Team (Mus Priandi, Nur Fahmi Azis)
  2. Apestogetherstrong Team (Ali Faliki, Akbar Adi Susanto dan Verindra Rizya)
  3. Keong Sawah Team (David Khu Husin dan Muhammad Alvin)

Lomba Inovasi Show your innovation skill in edutech and health sector

  1. MAK UI (Muhammad Thohari Jatisidi, Muhammad Rizki dan Muhammad Airlangga)
  2. SMK TUNAS GRAFIKA INFORMATIKA (Syifa Nabila, Alma dan Akbar Prakoso)
  3. SMA SANTA URSULA (Joanna Netania dan Zaneta Trixie)

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan belajar dirumah.

Comments are closed.