Pelaksanaan Forum Diskusi “Learn More About KRS, KPRS, SKPI, Dan Beasiswa” Semester Gasal 2020/2021

Salam Budi Luhur !!

Jumat, 27 November 2020 pukul 13.30-16.30 WIB  telah dilaksanakan Forum Diskusi Learn More About KRS, KPRS, SKPI, Dan Beasiswa Semester Gasal 2020/2021 di Media Webinar Zoom. Mohammad Fahri Rafifsyah memandu acara dari awal hingga berakhirnya acara fordis yang diadakan oleh BEM FTI (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi). Sebelum memasuki acara inti, sambutan juga diberikan oleh Rizki Gunawan selaku Ketua Pelaksana dan Muhammad Fajar  selaku Ketua Umum BEM FTI.

Dalam acara fordis kali ini, yang bertidak sebagai pembicara adalah Bapak Dr. Deni Mahdiana S.Kom., M.M., M.Kom selaku Kepala Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur membahas  mengenai Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Perubahan Rencana Studi (KPRS) dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Sebagai Mahasiswa Universitas Budi Luhur, tentunya wajib mempelajari mengenai pentingnya KRS, KPRS dan SKPI dimana KRS (Kartu Rencana Studi) adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang direncanakan akan diikuti oleh mahasiswa dalam satu semester, KPRS (Kartu Perubahan Rencana Studi) adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh mahasiswa dalam satu semester dan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) merupakan surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi yang berisi informasi mengenai pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar.

KRS merupakan kartu yang berisi daftar mata kuliah yang direncanakan akan diikuti oleh mahasiswa dalam satu semester, untuk pengisian KRS sendiri nantinya setiap mahasiswa akan dibimbing oleh Dosen Penasihat Akademiknya. Dalam proses pengisian KRS terdapat beberapa tahapan yaitu yang harus diketahui dan dipahami oleh seluruh Mahasiswa/i Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, diantaranya :

  • Konsultasi Mahasiswa dengan Dosen Penasihat Akademik.
  • Mahasiswa mengisi Rencana Studi melalui budiluhur.ac.id.
  • Dosen Penasihat Akademik memverifikasi Rencana Studi Mahasiswa.
  • Mahasiswa menyetujui kwitansi pembayaran melalui budiluhur.ac.id.
  • Mahasiswa melakukan pembayaran uang kuliah melalui teller atau melalui ATM.
  • Mahasiswa melihat dan menyusun jadwal kuliah setelah Fakultas menampilkan jadwal kuliah di web Fakultas (menunggu masa KPRS).

Lalu, KPRS merupakan kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh mahasiswa dalam satu semseter. pengisian KPRS sendiri bisa dilakukan jika telah memenuhi syarat pembayaran yang bisa melalui media teller bank, ATM dan Internet Banking. Kemudian untuk pemilihan kelompok (KPRS), Mahasiswa dapat mengaksesnya melalui media telegram, melalui web http://budiluhur.ac.id dan melalui Dosen Penasehat Akademik.Berikut contoh dari KPRS :

Kemudian, Bapak Dr. Deni Mahdiana, S.Kom., M.M., M.Kom juga memaparkan mengenai peran dan fungsi dari Dosen Penasehat Akademik dimana Dosen Penasehat Akademik diberi tugas dan tanggung jawab untuk membimbing dan membina sejumlah mahasiswa untuk diarahkan agar mereka dapat menyelesaikan studinya secara optimal.

Serta, mengenai SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) harus memenuhi peraturan sertifikat kompetensi, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 81 Tahun 2014 Tentang Ijazah, Sertifikat dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi, pada Pasal 5 “Bahwa ijazah diberikan kepada lulusan perguruan tinggi disertai paling sedikit dengan transkrip akademik dan Surat Keterangan Pendamping Akademik). Selain itu, Bapak Dr. Deni Mahdiana, S.Kom., M.M., M.Kom juga menjelaskan tentang beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Budi Luhur (Prestasi Akademik IPK, Prestasi Lomba Akademik dan Prestasi Lomba Non-Akademik), Kemristekdikti (PPA dan BPP-PPA) dan Lainnya (Yayasan Jakarta, Supersemar, Bazis DKI).

Diakhir acara, untuk menambah keseruan dan kemeriahan dalam acara fordis ini maka diadakan game yaitu game Kahoot untuk para peserta, serta BEM FTI membagikan hadiah kepada pemenang dalam game Kahoot ini.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan belajar dirumah.

Comments are closed.