Pelaksanaan Forum Diskusi Bimbingan KKP dan Tugas Akhir Sistem Informasi Semester Gasal Periode 2020/2021

Salam Budi Luhur !!

Jum’at, 9 Oktober 2020 pukul 14.00-16.30 WIB telah dilaksanakan Forum Diskusi Bimbingan KKP & TA Mahasiswa Sistem Informasi Semester Gasal 2020/2021 di Media Webinar Google Meet. Wahyu Al-Kautsar memandu acara dari awal hingga berakhirnya acara fordis yang diadakan oleh HIMASI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi).

Dimulai pukul 14.00 dengan Wahyu Al-Kautsar sebagai pembawa acara kemudian dianjut sambutan oleh Bapak Dr. Deni Mahdiana,S.Kom., M.M, M.Kom (Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) memberikan wejangan-wejangan terkhusus untuk peserta fordis KKP & TA. Dan yang bertindak sebagai pembicara adalah Ibu Rusdah, S.Kom., M.Kom  selaku kaprodi si menyampaikan materi mengenai TA di awali dengan memberikan tanggal-tanggal penting yang berisis bimbingan, pendaftaran sidang 1(KKP/TA), sidang 1, pendaftaran 2, dan sidang 2 yanng semuanya dilakukan selama 5 hari pelaksanaan sidang pertama, sedangkan untuk sidang 2 dilaksanakan selama 6 hari namun berselang 2-3 hari dari sidang pertama. Lalu pembahsan selanjutnya mengenai Topik TA yang menyampaikan beberapa poin penting seperti bedanya tugas yang diberikan antara pemilih peminatan Technopreneurship dan Enterprise System, Dilanjutkan dengan panduan penulisan, dan panduan konversi nilai.

Berikut merupakan beberapa point penting dari pembahasan TA oleh Ibu Rusdah:

 Khusus Topik SPK

  • Minimal 1 (SATU) keluaran (layar) yang menyajikan hasil perhitungan yang dapat diurutkan berdasarkan kriteria atau nilai akhir. Keluaran ini digunakan untuk membantu pengambil keputusan sebelum memberikan keputusan akhir.
  • Harus ada proses penentuan hasil keputusan oleh Pengambil Keputusan.
  • ­Minimal 1 (SATU) laporan Hasil Keputusan dalam satu periode pengambilan keputusan.
  • Minimal 1 (SATU) laporan Hasil Keputusan dalam satu periode pengambilan keputusan.

Things to Remember – Topik DSS

  1. Identifikasi Kriteria : Definisi, apa nilainya, siapa yang menilai, table transformasi nilai (Bila ada)
  2. Identifikasi Alternatif; Sesuai dengan Periode pengambilan keputusan. Berapa jumlah populasi, bagaimana proses pemilihan calon alternative; Data alternatif yang digunakan dalam penelitian minimal 5
  3. Hasil Penelitian; Sampaikan hasil penelitian dengan menggunakan keseluruhan data alternatif

Khusus Data Mining

  • Menggunakan metodologi (misalnya CRISP-DM, atau SEMMA). Tidak memerlukan surat riset, bila data sekunder diperoleh dari web atau twitter yang dapat divalidasi kebenarannya. Tidak membuat laporan. Harus ada pengujian; Diperkenankan menggunakan tools seperti WEKA dan Rapid Miner
  • Serta dijelaskan juga yang lainnya baik Khusus e-commerce, topik e-commerce, statrtup/Marker place, CRM,SCM.

Mencari Jurnal Nasional Terindeks Sinta bisa didapatkan dengan link berikut: SINTA (Science and Technology Index)

Dan diberitahukan juga kepada peserta tentang syarat wisuda, mulai dark lulus teori, SKPI, SPBM, draft Transkrip di webstudent.

Materi selanjutnya diberikan oleh Ibu Tri Ika Jaya Kusumawati, S.Kom, M.Kom. Dengan maksud Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya di dalam kelas pada kegiatan nyata pada program studi masing–masing, serta tujuan Mampu mengimplementasikan teori yang telah didapat dan berkreasi dalam lingkungan kerja setelah menyelesaikan pendidikannya.

Syarat KKP Jumlah sks minimal 90 sks, KKP maksimal dilaksanakan 3 orang dalam 1 kelompok dengan program studi yang sama,dll. Bu Jaya jug a membrtikan tanggal-tanggal penting, yaitu mulai tanggal 5 Oktober 2020 itu memulai bimbingan sampai dengan tanggal 22 Januari 2020, dan siding KKP dilaksanakan tanggal 1 Februari 2020. Info lebih lanjut bisa kunjungi website FTI dan website BAAK.

Apa saja yang dilakukan saat KKP?

Dimulai dari wawancara, pengumpulan dokumen, bimbingan lalu sidang KKP. Karena masih pandemi semua kegiatan tersebut dilakukam secara daring/online.

Saat wawancara pastikan kalian tahu apa yang harus kalian jawab seperti:

  • Bagaimana proses bisnis yang terjadi?
  • Dokumen apa saja yang terlibat?
  • Apa saja aturan bisnis yang ada?
  • Apa masalah yang gerjadi?
  • Bagaimana sejarah dan struktur organisasi?
  • Apa saja tugas dan wewenang bagian yang ada?

Selanjutnya dokumen; Meminta dokumen yang terlibat dalam proses bisnis, dokumen yang diminta bukan dokumen kosong, dokumen adalah dokumen asli /fotocopy yang sudah di stempel.

Bimbingan; bimbingan di instansi minimal 6 kali dengan bukti berita acara kunjungan KKP, bimbingan dengan dosen pembimbing KKP minimal 8 kali dengan bukti yang sama.

Sidang mencakup 3 aspek yaitu:

  1. Presentasi dengan durasi selama 10 menit secara bergantian
  2. Demo Program dari master sampai laporan
  3. Tanya Jawan dengan dosen penguji tenta g proses bisnis, teori dan program.

Isi sidang harus sudah sesuai, setra tau apa yang dibuat dalam KKP baik itu laporan, program.

Laporan KKP berisi pendahuluan, landasan teori, organisasi, pembahasan, dan penutup. Lalu buat laporan untuk publikasi, dan ingat topik KKP harus sesuai dengan standar yang sudah ada.

Jika telah selesai sidang peserta revisi ke penguji, tanda tangan pembimbing, tanda tangan kaprodi, dan terakhir ke perpustakaan. Durasi revisi sampai ke perpustakaan adalah 2 minggu, jangan sampai kelewat nanti nilai bisa dibatalkan, setelah itu bisa mengikuti sidang ke-2.

Bagi Mahasiswa yang ingin meminta pengesahan Laporan KKP. Prodi diharap :

  1. Membuat lembar pengesahan seperti yang ada pada panduan
  2. Memastikan NIM dan Nama mahasiswa benar disemua bagian laporan KKP
  3. Memastikan Judul disemua bagian KKP sesuai dengan Lembar Berita Acara Sidang (Cover, Lembar Gelar, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, dll)
  4. Menggunakan Logo Univ. Budi Luhur (Cerdas Berbudi Luhur) dengan style Flat atau bukan 3D
  5. Mengecek Tanggal pengesahan, adalah tanggal sidang
  6. Memastikan semua Dosen dan Pejabat benar “Nama, Gelar dan Jabatannya”
  7. Jangan lupa bidang peminatan
  8. Meminta pengesahan Dosen Pembimbing terlebih dahulu, kemudian Dosen penguji. Terakhir adalah KaProdi. Terkecuali jika ada dosen yang keluar kota atau dinas luar.
  9. Memastikan Laporan KKP sesuai dengan panduan/pedoman penulisan.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan belajar dirumah.

Comments are closed.