Pelaksanaan Forum Diskusi Bimbingan KKP dan Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika Semester Gasal 2020/2021

Salam Budi Luhur !!

Jumat, 2 Oktober 2019 pukul 13.30-16.30 WIB  telah dilaksanakan Forum Diskusi Bimbingan KKP & Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika Semester Gasal 2020/2021 di Media Webinar Zoom. Yazid Ibnu Sofyan dan Angel Alda Paulus memandu acara dari awal hingga berakhirnya acara fordis yang diadakan oleh HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika). Sebelum memasuki acara inti, sambutan juga diberikan oleh Ikhsan Endang Prasetya selaku Ketua Pelaksana dan Thariq Rafi Azany selaku Ketua Umum HIMTI.

Dalam acara fordis kali ini, yang bertidak sebagai pembicara adalah Bapak Dr. Indra, S.Kom., M.T.I selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika menyampaikan tentang Perubahan dalam Panduan Tugas Akhir dan hal-hal penting yang harus diperhatikan saat penulisan Tugas Akhir (Skripsi), Bapak Rizky Pradana, S.Kom., M.Kom. selaku Sekretaris Program Studi Teknik Informatika memaparkan tentang hal-hal penting yang terdapat pada penulisan KKP dan Ibu Titin Fatimah, M.Kom. selaku Dosen Universitas Budi Luhur  membagikan Tips dan Trik agar cepat lulus Skripsi. Dan Adapula Undangan yaitu Bapak Dr. Deni Mahdiana S.Kom., M.M., M.Kom selaku Kepala Dekan Fakultas Teknologi Informasi yang menambahkan sekaligus menjelaskan beberapa hal tentang penulisan KKP dan Tugas Akhir.

Menyelesaikan TA (Tugas Akhir) dengan mudah dapat dilakukan dengan cara selalu memantau dan mengikuti perubahan dalam panduan Tugas Akhir, Surat, Data dan Tempat Riset, Alternatif Pelaporan TA, Jurnal Sinta. Dalam memilih topik untuk TA harus memerhatikan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu: Setiap Usulan Metode harus dijabarkan tahap demi tahap dalam sebuah ilustrasi/contoh, Topik Augmented Reality semester ini tidak diijinkan, Penggunaan Aktor, Background, cerita, Lagu ataupun komponen lain dari pembuatan Game dengan Mengangkat Kearifan Lokal di Indonesia seperti: Malin Kundang dan Lutung Kasarung mendapatkan nilai lebih, Setiap topik tugas akhir harus ada pengujian seperti: precision, recall, akurasi, TAM, User Acceptance Test (UAT).

Untuk penulisan Judul Tugas Akhir diharapkan berasal dari usulan Dosen Pembimbing (Roadmap Riset Pembimbing), Tinjauan Pustaka minimal menggunakan 10 Jurnal. Untuk aturan penulisan (Cont), Data Penelitian (Dataset) diambil dari data publik Internet: data.jakarta.go.id; bps.go.id; kaggle.com;http://archive.ics.uci.edu/ atau dataset publik lain, surat keterangan Riset menjadi opsional dan tidak menggagalkan sidang, alternatif pelaporan KKP/TA dalam bentuk Publikasi dan tidak perlu membuat pelaporan dengan format standar (Bab I-V). Dalam proses pembuatan TA, Isi Bab I-V minimal 40 halaman tidak termasuk lampiran dan pelengkap, total halaman Bab III dan IV harus lebih besar dibandingkan jumlah halaman pada Bab I, II dan V, Halaman yang hanya berisi screenshot tidak dihitung sebagai halaman.

Proses pembuatan TA pun memiliki kerangka, yaitu Bab I: Pendahuluan, Bab II: Landasan Teori, Bab III: Metodologi Penelitian, Bab IV: Hasil dan Pembahasan, Bab V: Penutup. Bab II Landasan Teori: berisi dasar teori yang digunakan dalam penelitian tugas akhir (Seperti: Definisi dan tahapan enkripsi RC4), tinjauan Pustaka berisi rangkuman penelitian sebelumnya (Dicari Jurnal yang saling mensitasi pada google scholar atau sciencedirect.com), tinjauan Pustaka disajikan dalam bentuk Tabel Taksonomi dan paragraf yang menjelaskan dari Tabel Taksonomi tersebut. Bab III Metodologi Penelitian: Data Penelitian (dataset atau sumber data), Penerapan Metode (tahapan metode yang diusulkan), Rancangan Pengujian, Rancangan Basis Data (Jika ada) dalam bentuk Class Diagram atau LRS, Rancangan Menu dan Layar Menjadi Opsional. Bab IV Hasil dan Pembahasan: Lingkungan Percobaan (Spesifikasi Hardware dan Software), Implementasi Metode (Realisasi dari tahapan Metode yang digunakan dengan contoh atau ilustrasi), Flowchart (tahapan pada metode) bukan flowchart tampilan layar, Algoritme (penerapan Algoritme dari setiap tahapan). Bukan Algoritme menjalankan Form/tampilan layar, Pengujian: Berisi penjelasan dalam pengujian, temuan-temuan dalam penelitian dan analisa hasil penelitian. Bab V: kesimpulan, menjawab permasalahan pada rumusan masalah. Saran, berisi usulan perbaikan atau pengembangan dengan metode yang diusulkan pada tugas akhir saat ini.

Penyebab siang gagal/tidak lulus adalah karena mahasiswa mengimplementasi Algoritme didalam Bab IV tidak sesuai dengan penjabaran tahapan metode usulan pada Bab III, terbukti Melakukan Plagiat dengan ditemukannya katakata yang tidak relevan dengan topik (Topik Data Mining prediksi kelulusan berisi kata penjualan), penulisan tugas akhir sebaiknya dituliskan secara mandiri dari awal s.d akhir dan tidak copy paste.

Untuk mengkonversi sidang pada TA (A) dengan cara, Mengikuti Lomba Akademik Tingkat Nasional/Internasional: Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM), Pagelaran Mahasiswa Tik (Gemastik), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Mendapatkan juara 1, 2 atau 3 minimal tingkat nasional dan bereputasi (diadakan Kemristekdikti atau Kemdikbud). Publikasi Ilmiah: Mahasiswa dapat mempresentasikan pada Seminar Internasional Terindeks IEEE atau Elsevier atau Springer dan dilakukan sebelum sidang secara online, Seminar International dilakukan secara Virtual (Virtual Conference), Pembiayaan berasal dari pendanaan pribadi mahasiswa dan dosen.

Sinta 1 dan 2 (A) H-30 sebelum sidang status accepted H-60 sebelum sidang harus masuk tahap reviewed, sinta 3 dan 4 (A-) idem, sinta 5 dan 6 (B+) idem, JOM (Skanika atau Idealis) (B) Jurnal dalam lingkup Fakultas Teknologi Informasi UBL.

Untuk panduan Sidang Gasal Tahun 2020/2021, memiliki panduan TA secara online, yaitu: Outline berisi pra sidang, selama sidang, pasca sidang. Dalam proses pra sidang mahasiswa harus memerhatikan kapan waktu pendaftaran dan kapan waktu pelaksanaan sidang, yaitu: Pendaftaran Sidang 1 : 25-29 Januari 2021,  Sidang Pertama: 01-26 Februari 2021. Upload PDF paper tugas akhir dilakukan mahasiswa paling lambat 2 hari sebelum hari/tanggal sidang yang bersangkutan (Misal: Jadwal Sidang 27 Juli 2020 maka upload PDF paling lambat 25 Juli 2020 pukul 23:59 WIB) melalui web student, Dosen penguji/Pembimbing download TA Mahasiswa di web Dosen, Dosen penguji/pembimbing wajib infokan ke panitia minimal H-3 dari jadwal sidang bila berhalangan hadir dan tidak dapat merubah jadwal yang sudah ditetapkan, Keputusan penggantian jadwal dosen dan dosen pengganti ditentukan oleh panitia (Sekretariat FTI).

Pelaksanaan Sidang yaitu, Nama room google meet dapat dilihat pada web student dan web dosen pembimbing dan penguji. Saat sidang, catatan perbaikan penguji di entry di form perbaikan (web dosen) dan mahasiswa dapat melihat di web student.

Pasca melakukan sidang, Catatan perbaikan revisi TA dapat dilihat pada web student dan web dosen, Sistem Revisi hingga pengesahan TA sedang disiapkan oleh tim DTI dan akan diinformasikan kemudian. Pembimbing dan penguji memberikan verifikasi pengesahan via web dosen kemudian prodi memberikan pengesahan via sistem di web dosen.

Dalam kuliah kerja praktek membawa laporan KKP yang dibuat atau Membawa bukti penerimaan dari jurnal atau seminar yang di tuju. Tema dan syarat KKP terdiri dari: bidang penelitian dan topik penelitian KKP. Bidang penelitian: Network & web security, sistem cerdas, rekayasa perangkat lunak dan data,  elektronika dan informatika. Topik penelitian: kriptografi, steganografi, sistem pakar, sistem penunjang keputusan atau sistem pendukung keputusan kelompok (Group DSS), bioinformatika, kecerdasan komputasional, semantic web dan ontologies, data mining, text mining, dan lain-lain.

Ketentuan pemilihan judul KKP harus memiliki latar belakang yang jelas dengan menyatakan minimal 5 (lima) referensi ilmiah yang terkait dengan tema KKP yang dipilih lebih baik lima tahun terakhir. Referensi yang dapat digunakan diambil dari jurnal, buku skripsi, paper ilmiah, prosiding, buku, white paper, majalah ilmiah, buku skripsi dan buku KKP. Setiap referensi ilmiah wajib dicantumkan dalam daftar pustaka. Pengambilan data penelitian pada masa sosial distancess saat ini dapat dilakukan menggunakan data publik di internet. Conth data.jakarta.go.id; data.bmkg.go.id; bps.go.ig, dan lain-lain. Surat keterangan selesai riset menjadi opsioal (tidak wajib) pada semester ini karena Sosial Distances pandemi Covid-19

Detail penulisan laporan KKP yaitu, BAB I pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengembangan, sistematika penulisan. BAB II berisi profil singkat instansi tempat kerja praktik, tinjauan pustakan terkait pekerjaan, landasan teori tentang algoritma dan metode yang dibahas disertakan dengan teori lain yang terrkait topik pembahasan, mencantumkan minimal lima referensi ilmiah jurnal yang relevan dengan topik yang dibahas, tidak perlu menyertakan landasan teori tentang bahasa pemograman dan teori yang sifatnya sudah umum diketahui seperti tentang hardware dan software. BAB III analisis masalah dan perancangan solusi berisi analisis terkait permasalahan dan solusi yang dibahas dalam KKP, mencakup analisis masalah dan solusi (berisi pekerja praktik, analisis ulasan kerja), relevansi kerja praktek dengan perkuliahan di FTI Universitas Budi Luhur, rancangan basis data (jika ada) dalam bentuk class diagram, LRS dan spesifikasi basis data, rancangan menu, rancangan layar, algoritma, floechart. BAB IV berisi lingkungan percobaan, data masukan, langkah pengujian, evaluasi mengenai kelebihan dan kekurangan program. BAB V berisi kesimpulan yang diambil dari pembahasan topik KKP.

Kebijakan Rektorat kegiatan praktek perusahaan dilaksanakan secara on-line/work from home. Kebijakan Fakultas Teknologi Informasi yaitu memberi pilihan alternatif bentuk laporan KKP dan TA menjadi publikasi (artikel ilmiah), jumlah halamn setiap publikasi adalah minimal enam halaman, setiap publikasi wajib mencantumkan nama pembimbing (tanpa disertai gelar akademik) diposisikan sebagai penulis terakhir nama mahasiswa, setiap publikasi harus memenuhi syarat plagiarisme <= 20%, topik publikasi KKP adalah pembuatan software/hardware/jaringan/desain, topik publikasi TA untuk jenjang S1 adalah model/sistem informasi/metode/algoritma/framework/metodologi, wajib menggunakan sumber data literature review, dan metode atau algoritma yang berbeda, publikassi mahasiswa di submit ke seminar nasional/internasional, jurnal nasional terakreditasi minimal sinta 5/internasional sesuai skema pembiayaan mengikuti yang berlaku di Universitas Budi Luhur.

Selalu budayakan literasi, Iqra (baca) panduan, dan baca referensi dengan baik. Mengerjakan skripsi harus fokus dan harus dikerjakan dengan baik, bukan hanya dipiikirkan saja. Menjadi manusia yang selalu melibatkan Tuhan dan orang tua, selalu berdoa, dan menjaga kesehatan tubuh. Usahakan memilih topik yang tepat, sesuaikan dengan minat dan kemapuan. Selalu meminta bimbingan dosen agar isi TA atau Skripsi tidak melenceng kemana-mana. Tulislah skripsi sesuai aturan yang berlaku, pelajari dan pahami dengan baik skripsi, lalu seringlah latih kemampuan presentasi untuk sidang.

Saat sidang siapkan slide presentasi dengan baik. Berisi inti-inti bahasan sesuai topik skripsi yang dibahas. Pelafalan dalam bicara harus jelas, baik, sopan. Saat selesai melaksankan sidang, jangan berputus asa atau down terlebih dahulu. Jika skripsi direvisi, maka segera lakukan. Setelah semua skripsi diacc, selesaikan administrasi, lalu wisuda.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan belajar dirumah.

Comments are closed.