Diaspora Indonesia Sharing Riset untuk Bidang Data Mining, IOT, Information System, Big Data dan Industrial AI di FTI Budi Luhur

Salam Budi Luhur !

Sehubungan dengan kegiatan simposium Cendekia kelas Dunia (SKCD) 2019 yang diselenggarakan oleh Direktorat jenderal Sumber Daya Iptek dan DIKTI. Kemristekdikti bekerjasama dengan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia(AMI), Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) dan Direktorat Jenderal Diplomasi dan Informasi Publik, Kementrian luar Negeri yang mengundang ilmuwan Diaspora Indonesia dari perguruan tinggi, serta Lembaga penelitian dan ilmu pengetahuan terbaik dari berbagai belahan dunia. Terkait hal tersebut, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, Pada hari Selasa, 20 Agustus 2019 mengundang salah satu Cendekia Muda Indonesia sebagai narasumber yaitu Bpk. Dr. Muhammad Syafrudin yang merupakan peneliti dan melanjutkan studi hingga meraih Ph.D. di bidang Industrial and System Engineering Dongguk University Korea Selatan. Pada Sharing Riset ini untuk pembukaan acara ditandai dengan sambutan yang dilakukan oleh Bapak Dr. Tjahjanto, S.Kom, MM, dan Dr. Indra, S.Kom, M.T.I selaku moderator.

Pembukaan Sharing Research oleh Bpk. Bapak Dr. Tjahjanto, S.Kom, MM,
Pemaparan Materi Riset oleh Bpk. Dr. Muhammad Syafrudin

Pada kesempatan Sharing Riset Kali ini, Dr. Muhammad Syafrudin menyampaikan 3 materi yaitu :

  1. Application of IOT in Industry
  2. Application of Bluetooth Low Energy-Based Real-Time Location System for Indoor Environments
  3. Detecting Movement and Direction of Tags For RFID Gate

Dia menyampaikan bahwa pendidikan di Korea mengadopsi dan memodifikasi sistem ‘problem base learning’ yang bekerja sama dengan industri. Riset apa yang dibutuhkan industri, itu yang dilakukan di kampus. Sehingga kolaborasi riset sangat biasa dilakukan. Hal lain yang tampak berbeda adalah keamanan data pribadi di Korea sangat dijaga.  Dr. Syafruddin mengharapkan kehadirannya memberi dampak kepada sivitas akademika Universitas Budi Luhur dalam semangat melakukan kolaborasi riset atau pun kerjasama lain.

Dalam pertemuan ini dosen-dosen UBL juga menggunakan kesempatan untuk menggali informasi di luar riset. Antara lain: kehidupan umum di Korea, cara mendapatkan beasiswa di Korea. Dr. Tjahjanto sebagai penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan bahwa sharing riset ini diharapkan dilanjutkan dengan joint riset dan kesempatan kuliah di Korea. Semua ini kami lalukan dalam mendukung pemerintah Jokowi dalam membangun Sumber Daya Manusia Indonesia agar setara dengan SDM negara lain.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 40 dosen bidang Information Tehnologi Universitas Budi Luhur. Plt Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Wendi Usino, M.Sc. menyatakan bahwa “ini merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi dosen-dosen UBL untuk menjajaki kolaborasi riset dengan berbagai perguruan tinggi di luar negri, khususnya Dongguk University Korea.”

Pada akhir acara,  penyerahan Plakat dan Souvenir yang disampaikan oleh Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM selaku (Plt. Rektor Universitas Budi Luhur) untuk Bapak Dr. Muhammad Syafrudin juga dilakukan foto bersama dengan dengan para peserta sharing, berikut ini adalah foto – foto kegiatan :

PemberianPlakat dan Souvenir yang disampaikan oleh Bpk. Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM selaku (Plt. Rektor Universitas Budi Luhur)
Foto bersama dengan para peserta Sharing Riset

Demikian Acara Sharing riset ini semoga dapat menambah pengetahuan, wawasan dan memberikan inspirasi bagi kita semua… amin

link berita : https://republika.co.id/berita/pwj3vp453/diaspora-ri-emsharingem-riset-di-universitas-budi-luhur

 

Comments are closed.