http://www.budiluhur.ac.id/

Pelaksanaan Seminar ITOR #36 “Software Development With Scrum”

http://www.budiluhur.ac.id/
Seminar ITOR #36 Software Development With Scrum

Salam Budi Luhur !

ITOR (IT On The Roof) 36 merupakan acara rutin yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Informasi di Universitas Budi Luhur. IT On The Roof yang ke 36 ini mengangkat tema “Software Development With Scrum”. Acara ini telah diselenggarakan pada hari Jumat, 16 November 2018, pukul 16.00 WIB s/d selesai, bertempat di Gedung Suhana lantai 6 (rooftop) Universitas Budi Luhur dengan pembicara Bapak Muhammad Bima Januri, ST., M.Kom dari Accounting SDET Lead, PT Mid Solusi Nusantara (Sleekr)Sebelum acara dimulai, Ibu Dr. Rusdah, M.Kom memberikan sambutan selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi.

http://www.budiluhur.ac.id/
Seminar ITOR #36 Software Development With Scrum

http://www.budiluhur.ac.id/

Pada acara ini, Bapak Muhammad Bima Januri memaparkan mengenai scrum, perbedaan agile dan scrum, waterfall dan scrum. Scrum adalah sebuah framework yang berfungsi untuk mengelola dan mengembangkan sebuah produk yang bersifat kompleks. Scrum sendiri memiliki beberapa values antara lain courage, focus, commitment, respect dan openness. Dan roles pada scrum terdiri dari 3 yaitu product owner memiliki tanggung jawab untuk memaksimalkan hasil kerja dati dev team sehingga nilai produk juga menjadi maksimal; dev team terdiri dari beberapa anggota yang profesional guna menghasilkan inkremen dan memiliki potensi untuk dirilis setiap akhir sprint; scrum master memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa scrum telah dimengerti dan diterapkan. Di dalam scrum terdapat 3 aktivitas scrum meeting yaitu planning adalah sebuah aktivitas yang dilaksanakan di dalam sprint, perencanaan tersebut dibuat secara kolaboratif oleh semua anggota tim scrum; retrospective adalah kesempatan untuk tim scrum mengevaluasi dirinya sendiri dan membuat planning mengenai peningkatan yang nantinya dilakukan pada sprint selanjutnya dan review akan diadakan diakhir sprint guna meninjau inkremen dan jika dibutuhkan untuk mengubah product backlog.

http://www.budiluhur.ac.id/
Seminar ITOR #36 Software Development With Scrum

Pada akhir acara, dilakukan pemberian sertifikat yang diberikan oleh Bapak Dr. Deni Mahdiana, S.Kom., M.M., M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknologi Infomasi kepada Bapak Muhammad Bima Januri, ST., M.Kom atas partisipasinya sebagai pembicara dalam acara ITOR 36 ini.

Info ini dapat download di Seminar ITOR #36 Software Development With Scrum

Comments are closed.