IT on the Roof Edisi #1: Print Anywhere with Cloud Technology

IT on The Roof merupakan satu kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai perkembangan dunia teknologi informasi dan komputer bagi civitas akademika Universitas Budi Luhur, serta menciptakan iklim akademis (academic atmosphere) yang baik diantara dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Kegiatan yang digagas oleh Fakultas Teknologi Informasi ini, akan diselenggarakan secara rutin setiap 5 (lima) pekan sekali, tepatnya setiap hari Jum’at Kliwon. Mengusung konsep yang unik dimana acara diselenggarakan di atap gedung, tepatnya gedung Suhannah, edisi pertama telah berlangsung hari Jum’at, 15 Juni 2012 kemarin. Untuk edisi pertama tersebut, mengangkat tema “Print Anywhere with Cloud Technology“.

Kegiatan “IT on the Roof” edisi pertama dibuka sekitar pukul 16.30 WIB dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Bpk Goenawan Brotosaputro, S.Kom, M.Sc. Salah satu harapan yang disampaikan oleh Dekan FTI dalam sambutannya adalah, bahwa kegiatan IT on the Roof yang diadakan di atap gedung ini dapat menginspirasi para mahasiswa untuk selalu meningkatkan ilmu, kemampuan dan keahliannya di bidang IT sehingga suatu saat nanti dapat meraih kesuksesan hingga berada di puncak (atap) karir masing-masing.

Diiringi suasana matahari terbenam, paparan utama mengenai teknologi cloud computing, khususnya dalam hal pencetakan dokumen jarak jauh, dipaparkan oleh Achmad Solichin, S.Kom, M.T.I selaku salah satu dosen Fakultas Teknologi Informasi. Google merupakan salah satu penyedia layanan cetak jarak jauh yang menggunakan teknologi Cloud. Kita dapat mencetak dari mana saja, melalui media mobile (smartphone) maupun komputer yang terhubung ke jaringan internet. Dokumen, email atau file yang dicetak akan dikirimkan ke Print Job list yang berada di cloud, dan selanjutnya akan tercetak ke printer tujuan yang juga terhubung ke internet. Ada 2 (dua) jenis printer yang dapat digunakan yaitu Cloud Ready Printer dimana tidak memerlukan konektivitas ke komputer karena secara langsung dapat terhubung ke internet. Jenis yang kedua adalah printer klasik seperti yang kita kenal selama ini. Printer harus dihubungkan ke komputer yang terkoneksi internet. Materi selengkapnya dapat dilihat di  halaman slideshare.net/achmatim.

Setelah dipaparkan materi dan dilakukan sesi demo, selanjutnya diadakan sesi diskusi dan tanya jawab. Dengan cukup antusias, beberapa peserta yang hadir bertanya mengenai teknologi ini. Acara IT on the Roof ini diformat dengan suasana santai sehingga terjadi interaksi yang baik dan nyaman antara peserta dan pembicara. Acara juga makin seru karena diiringi oleh sajian musik akustik dari KMM (Kreativitas Musik Mahasiswa) Universitas Budi Luhur.

Mobile Student

Selain penyajian materi, dalam acara ini juga dilakukan soft launching aplikasi “Mobile Student FTI Budi Luhur” yang merupakan aplikasi mobile berbasis Android bagi mahasiswa Universitas Budi Luhur. Dengan aplikasi ini, mahasiswa dapat melihat nilai, melihat kehadiran dosen, jadwal kuliah, IPK dan IPS serta beberapa informasi penting lainnya. Aplikasi sudah dapat didownload di sini atau langsung di Google Play di alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=id.ac.budiluhur.mobile atau scan QR Code berikut ini:

Ada 7 (tujuh) fakta unik yang menjadikan kegiatan ini menarik untuk diikuti:

  1. Diadakan di Atap Gedung (on the rooftop)
  2. Diadakan setiap hari Jum’at Kliwon, sehingga akan rutin setiap 35 hari.
  3. Diadakan di waktu senja, diiringi suasana matahari terbenam (sun set)
  4. Materi dapat disampaikan oleh mahasiswa, dosen maupun alumni.
  5. Diiringi hiburan musik
  6. Disediakan makanan ringan dan makanan tradisional (edisi pertama disediakan bajigur).
  7. Diadakan secara santai dan lesehan

Foto-foto kegiatan

Jadi, tunggu edisi IT on the Roof berikutnya, 5 pekan mendatang, tepatnya hari Jum’at, 20 Juli 2012.

Comments are closed.