Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Pelatihan Aplikasi Quizizz Pada Guru SMP Negeri 3 Kota Tangerang

Salam Budi Luhur !!

Dampak Pandemi COVID-19 salah satunya adalah sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring, berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim nomor 4 tahun 2020 pada 24 Maret 2020 tentang bagaimana prioritas kesehatan siswa, guru dan seluruh warga sekolah maka salah satu poinnya adalah tentang proses belajar dari rumah dimana proses ini dilakukan secara daring. Beberapa sekolah terpaksa mentranformasi proses belajar mengajar dari tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan berbagai persiapan yang mendadak karena pandemi COVID-19.

Melihat dari permasalahan tersebut, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Budi Luhur, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dijalankan oleh Dosen pada tiap semester yang bertema “Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Pelatihan Aplikasi Quizizz Pada Guru Smp Negeri 3 Kota Tangerang”. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara daring (online) pada hari sabtu, 12 Desember 2020 Pk.08:00 sampai dengan Pk.13:00 WIB. Tim Dosen Pelaksana yang terdiri dari Ibu Safitri Juanita, S.Kom, M.T.I, Ibu Samsinar, S.Kom, M.Kom, dan Bapak M. Anif, S.Kom, M.Kom. Pelaksanaan kegiatan ini dengan diikuti oleh 29 orang peserta yang terdiri dari Guru-Guru SMP Negeri 3 Tangerang.

SMP Negeri 3 Kota Tangerang menggunakan media sosial whatsapp sebagai media komunikasi dengan siswa dan orang tua serta menjadikan whatsapp sebagai media untuk berbagi materi ajar dan evaluasi bahan ajar kepada siswa berupa pengumpulan tugas dan kuis bagi siswa. Sebagian guru yang sudah menguasai penggunaan google classroom juga menggunakan media ini sebagai media untuk berbagi bahan ajar dengan siswa, namun sebagian besar guru belum memanfaatkan kuis online sebagai media evaluasi materi bagi siswa sehingga dibutuhkan peningkatan kompetensi bagi guru di SMP Negeri 3 Kota Tangerang untuk menguasai cara membuat dan mengelola kuis online sehingga dapat membantu guru dan siswa untuk bisa melihat skor nilai serta memudahkan guru dalam mengelola soal dan mengintegrasikan dengan google classroom. pada kegiatan ini akan digunakan aplikasi Quizizz.

Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, maka peningkatan keterampilan teknologi informasi terutama pembuatan dan pengelolaan kuis online dengan menggunakan aplikasi Quizizz bagi mitra kegiatan PKM sangat dibutuhkan dan memberikan solusi alternatif untuk mengatasi masalah yang dialami sehingga para guru mampu membuat dan mengelola kuis online pada Aplikasi Quizizz dengan baik, mempublikasikan link kuis nya kepada siswa, siswa dapat melihat skor nilai yang diperoleh dan para guru juga dapat mengelola bank soal atau mengintegrasikan Aplikasi Quizizz dengan google classroom.

Comments are closed.