Tim Dosen FTI Lakukan Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19 Melalui Aplikasi SIAGA (Siap Jaga Warga) COVID-19

Salam Budi Luhur!!

Dunia saat ini sedang mengalami ujian yang sangat besar. Pada 11 Maret 2020, badan kesehatan dunia yaitu WHO (World Health Organization) mengumumkan status pandemi global untuk Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus corona yang baru ditemukan. WHO pertama kali mendapatkan laporan tentang COVID-19 setelah terjadi wabah di Wuhan, China, pada Desember 2019. Ditetapkannya status pandemi global karena seluruh warga dunia berpotensi terkena infeksi virus ini.

Perangkat RT 06 RW 08 Kelurahan Pedurenan, Perumahan Ciledug Indah 2, sebagai garda terdepan dan terdekat dengan warga memiliki peran penting untuk melindungi warga dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di wilayahnya. Mereka berusaha agar warga mengikuti anjuran pemerintah terkait cara dan penanganan COVID-19 serta mengajak seluruh warga untuk disiplin menjalankan semua langkah untuk hidup sehat.

Untuk mengoptimalkan peran perangkat RT 06 RW 08 Kelurahan Pedurenan dan warganya dalam penanganan COVID-19, Tim Dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur yang diwakili oleh Pipin Farida Ariyani, Titin Fatimah, dan Atik Ariesta, mengusulkan penggunaan aplikasi mobile berbasis Android. Aplikasi Mobile SIAGA (Siap Jaga Warga) COVID-19 dibuat oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur yang terdiri dari Verindra Rizya Albahas Sejati, Akbar Adi Susanto, dan Yogi Angga Putra. “Aplikasi SIAGA COVID-19 ini berisi informasi mengenai Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat, serta Ruang Seputar Informasi COVID-19. Terdapat pula menu laporan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kondisi sosial warga. Tentunya ini dapat membantu perangkat RT dalam melakukan edukasi, pendataan, dan memantau warganya”, Pipin sebagai Ketua Tim menjelaskan saat sosialisasi penggunaan aplikasi pada hari Sabtu (15/08/20).

Aplikasi SIAGA (Siap Jaga Warga) COVID-19
Aplikasi SIAGA (Siap Jaga Warga) COVID-19

 

Comments are closed.