Peningkatan Kualitas Guru Dengan Pelatihan Google Classroom Sebagai Media Alternatif School From Home Pada SMK Puspita Persada – Jakarta Selatan

Salam Budi Luhur !!

Adanya pandemi COVID-19 di awal tahun 2020 ini menyebabkan perubahan besar dalam kegiatan masyarakat saat ini. Mulai dari kegiatan perdagangan, ekonomi, pekerjaan serta dalam dunia pendidikan. Sekolah wajib turut serta dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 ini dengan mengubah pola ajar sesuai dengan intruksi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah.
Sekolah Menengah Kejuruan Puspita Persada turut serta dalam menyukseskan program pemerintah dengan mengubah pola ajar dari rumah. Namun karena intruksi ini diberikan secara cepat, SMK Puspita Persada belum menyiapakan dengan matang teknis dalam belajar mengajarnya. Saat ini metode mengajar dilakukan dengan menggunakan WhatsApp Group dan email. Tentunya dengan metode ini masih perlu dikembangkan agar penyampaian materi ajar lebih sempurna lagi.

Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Agustus 2020 yang bertempat di SMK Puspita Persada, Jakarta Selatan dengan menerapakan physical distancing selama penyampain materinya dijalankan. Tim pelaksana kegiatan PPM adalah dosen Fakultas Teknologi Informasi, yaitu Bapak Ahmad Pudoli, M.Kom., Bapak Dr. Mardi Hardjianto, M.Kom. dan Bapak Devit Setiono, M.Kom. serta 2 rekan mahasiswa bernama Mega dan Agung sebagai asistensi pelatihan.

Pada pelaksanaan pelatihan ini tim pelatihan tidak hanya memaparkan materi tetapi juga langsung mengadakan praktek serta tanya jawab terkait kendala yang selama ini didapatkan oleh bapak ibu guru dan dari peserta didik. Pelatihan ini berjalan selama kurang lebih 2 jam dengan peserta yang begitu antusias dan semangat. Tujuan dari kegiatan ini adalah dengan memberikan pelatihan menggunakan fasilitas dari Google yaitu Google ClassRoom guna meningkatkan kemampuan dari guru dalam memberikan dan menyampaikan materi secara maksimal dan berbasis teknologi yang lebih baik.

Comments are closed.