Pengabdian Kepada Masyarakat : Dosen UBL memberikan pelatihan penggunaan aplikasi posyandu camar RW. 05 Pondok Bahar-Karang Tengah Kota Tangerang dalam rangka memudahkan administrasi pelaksanaan kegiatan posyandu camar

Salam Budi Luhur !!

Kewajiban Tridarma suatu perguruan tinggi adalah hal yang wajib dilakukan oleh dosen-dosen pendidik yang ada di lingkungan Universitas Budi Luhur. Sebagai bentuk tugas dan pengembangan diri yang dilakukan oleh dosen budi luhur dalam meningkatkan kemampuan dosen tersebut dalam bidang akademik maupun melaksanakan tugas dan kewajiban tri darma. Salah satu tugas tridarma yang wajib dilakukan adalah pengabdian kepada masyarakat. Sebagai bentuk kepedulian dosen universitas budi luhur terhadap perkembangan pengetahuan di masyarakat.

Pada semester ini, universitas budi luhur berserta dosen fakultas teknologi informasi Ika Susanti, M.Kom, Ferdiansyah, S.Kom., M.T.I dan Sejati Waluyo, M.Kom. Kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan penggunaan aplikasi posyandu camar di pondok bahar. Dalam kegitan posyandu yang dilakukan di masyarakat banyak sekali pendata data pasien yang dilakukan secara manual. Hal ini menimbulkan banyaknya penumpukan data dan juga menyebabkan data-data tersebut hilang dan kesulitan dalam pencarian data karena masih dalam bentuk buku-buku catatan setiap pasien. Kesulitan lain yang dihadapi adalah distribusi informasi tentang Kesehatan terkadang tidak terdistribusi dengan baik. Karena masih berupa catatan-catatan kecil yang diberikan pasien. Misal saja pasien harus melakukan kontrol secara rutin maupun kegiatan pelaksanaan kegiatan imunisasi yang kadang pasien lupa dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Solusi yang dapat dilakukan adalah membuat sistem kompurisasi yang dapat diakses didengan mudah sehingga segala bentuk informasi penting dapat langsung didistribusikan ke pasien maupun kader posyandu camar. Sistem pencatatan juga bisa dilakukan lebih efektif dan efisien sehingga data pasien  dan Riwayat pasien dapat ditampilkan dengan cepat, Ketika proses pemeriksaan pasien dilakukan sehingga data dan kondisi pasien lebih akurat. Penggunaan teknologi informasi untuk menyelesaikan permasalahan diatas, juga membutuhkan pelatihan dalam hal penggunaan sistem aplikasi posyandu camar. Sehingga aplikasi yang telah dibangun sebelumnya dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Disinilah peranan penting dari pelatihan penggunan aplikasi posyandu camar kepada para kader maupun pihak administrasi posyandu camar.

Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 01 Agustus 2020 adalah kegiatan sosialaisasi dan pelatihan aplikasi posyandu camar, Pelatihan dilakukan menggunakan Google Meet, Materi yang di berikan berupa penggunaan aplikasi posyandu dari mulai pengenalan fitur sampai dengan bagaimana ujicoba dan penggunaan aplikasi posyandu camar.

Gambar 1. Sambutan perwakilan Pelaksanan PKM
Gambar 1. Sambutan perwakilan Pelaksanan PKM

Pelatihan dimulai dengan sambutan dan perkenalan dari masing-masing peserta, instruktur memberikan pemaparan tentang maksud dan tujuan dari pelaksanaan pelatihan penggunaan aplikasi posyandu camar kepada para peserta.

Gambar 2. Pemamapar Fitur Sistem Instruktur
Gambar 2. Pemamapar Fitur Sistem Instruktur

Instruktur Pelaksanaan PKM, menjelaskan fitur-fitur apa saja yang tersedia pada aplikasi sistem posyandu camar yang telah dibuat. dari mulai pendataan data pengurus, demografi posyandu, pendataan bayi, perekaman imunisasi bari, kartu status online serta event manajemen yang ada pada aplikasi sistem posyandu camar.

Gambar 3. Halaman Login
Gambar 3. Halaman Login

Insrtuktur pelatihan PKM, mengajarkan bagaimana menggunakan user dan password peserta maupun kader posyandu camar untuk masuk kedalam sistem menggunakan menu login. Setelah login ke dalam sistem posyandu maka akan di tampilkan halaman utama dari sistem posyandu camar yang memuang data informasi tentang posyandu camar.

Gambar 4. Halaman Kelola Peserta
Gambar 4. Halaman Kelola Peserta

Instruk pelatihan PKM, mengajarkan dan mendemostrasikan bagaimana pengelolasa data peserta atau bayi pada posyandu camar. Dari mulai akses menu sampai dengan menampilkan data peserta bayi yang ada di posyandu camar.

Gambar 5. Halaman Entri Peserta
Gambar 5. Halaman Entri Peserta

Instruktur pelaksanaan PKM, mengajarkan dan mendemontrasikan bagaimana menginput, mengubah menghapus data pada sistem aplikasi posyandu camar. Sehingga peserta pelatihan dapat memahami bagaimana sistem berkerja secara keseluruhan dengan menggunakan contoh studi kasus yang dihadapi dan bagaimana penggunaan sistem aplikasi posyandu camar dapat dilakukan.

Gambar 6. Penutup
Gambar 6. Penutup

Setelah instruktur pelaksanaan PKM, menjelaskan semua fitur yang ada di sistem aplikasi posyandu camar serta bagaimana mengunakan dan mengisi data pada sistem yang ada. Maka pelatihan penggunaan sistem aplikasi camar ditutup dengan sesi tanya jawab. Dimana dalam sesi ini para peserta pelatihan dapat mengajukan pertanyaan maupun memberikan masukan terhadap sistem yang ada sehingga diharapkan peserta pelatihan dapat memahami penggunaan sistem. Serta diharapkan aplikasi sistem posyandu ini dapat memberikan dampak yang positif pada pelaksanaan kegiatan di posyandu camar.

Comments are closed.