Pembuatan Website Untuk Peningkatan Promosi dan Pemasaran Bisnis Online Beautysalihaa

Salam Budi Luhur!!

Beautysalihaa merupakan bisnis yang dirintis oleh Seftiani Dwi Astuti sejak awal 2018. Memulai dengan pakaian muslimah, balita, hingga pada akhirnya berjualan kosmetik. Saat ini Beautysalihaa merupakan Agent resmi kosmetik halal dengan merk Berl. Sebagai Agent Resmi Berl Cosmetics, Beautysalihaa tidak sekedar menjual produk kepada pelanggan tetapi juga membuka pendaftaran reseller untuk ikut ke dalam Team Penjualan Beautysalihaa. Beautysalihaa terletak di Pelangi Asri Residence 4, Blok A1 no 18, RT/RW 01/05 Desa Padurenan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Jaraknya sekitar 27KM dari Universitas Budi Luhur. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Beautysalihaa selama ini hanya menggunakan social media Instagram (@beautysalihaa) dan Facebook (Beauty Salihaa). Sementara transaksi jual beli dilakukan menggunakan beberapa marketplace dan melalui What’sApp (085706540849). Marketplace yang dimiliki diantaranya Shopee, Tokopedia, JD.ID. Beautysalihaa masih selalu meningkatkan strategi pemasarannya di dunia digital. Beautysalihaa masih belum memiliki sebuah website yang dapat menampung informasi terkait produk dan informasi penerimaan reseller secara terperinci untuk memberikan penjelasan secara detil kepada calon pelanggan dan calon reseller. Hal tersebut yang mendorong tim dosen PPM Fakultas Teknologi Informasi yaitu Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti, M.Kom dan Iman Permana, M.Kom ingin membantu mitra PPM yaitu Beautysalihaa untuk membuatkan sebuah website.

Media Sosial Beautysalihaa
Media Sosial Beautysalihaa

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu pihak Beautysalihaa menjadikan website sebagai media promosi sekaligus memberikan informasi ke calon pelanggan dan calon reseller untuk mengetahui informasi produk, cara membeli dan cara bergabung menjadi reseller. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai dari kontrak kerjasama kedua mitra, proses pembuatan website hingga sosialisasi dan training mulai dari akhir April hingga awal Agustus 2020.

Pembuatan Website diawali dengan menyewa hosting dan domain pada domainesia.com. Alamat website yang dipilih adalah http://beautysalihaa.com/, sesuai dengan nama dari mitra yaitu Beautysalihaa. Website berisi profil, macam-macam produk, informasi pendaftaran reseller, hingga testimony para pelanggan yang pernah membeli dan merasakan manfaat Berl Kosmetik.

Tampilan Website Beautysalihaa

Setelah tim berhasil membuat website Beautysalihaa, maka tahap berikutnya yaitu dilakukan Kegiatan sosialisasi dan training penggunaan website kepada mitra PPM yaitu pemilik Beautysalihaa dan dua orang Admin. Karena situasi pandemi COVID-19, Maka diputuskan kegiatan sosialisasi diadakan secara daring melalui Google Meet Pada hari Sabtu  Tanggal 15 Agustus 2020  pukul 15.30 – 17:30 WIB.  Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan.

Comments are closed.