Pembuatan Sistem E-Commerce untuk UMKM Istiana Sepatu: Solusi Pandemi Covid-19

Salam Budi Luhur!!

Lokasi Mitra
Lokasi Mitra

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul “Pembuatan Sistem E-Commerce untuk UMKM Istiana Sepatu” ini diselenggarakan oleh dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur yaitu Ibu Tri Ika jaya Kusumawati, S.Kom, M.Kom, Bapak Teja Endra Eng Tju, S.T., M.Kom. dan dibantu oleh 2 Mahasiswa/i 1712500493 Lubnah Syabillah dan 1712500691 Agy Nugroho. Kegiatan PPM ini dilaksanakan pada Senin, 3 Agustus 2020. Mitra dari kegiatan ini adalah UMKM Istiana Sepatu yang beralamat di Kawasan Blok M Square Blok B No 289 dan Jl. H. Aom No 96,  Jakarta Selatan. Kegiatan PKM ini adalah membantu mitra untuk meningktkan peran teknologi dalam kegiatan bisnis kemasyarakatan dibidang pemasaran dan penjualan dengan cara menerapkan sistem e-commerce berbasis CMS menggunakan WordPress.

Implementasi Sistem E-Commerce
Implementasi Sistem E-Commerce

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah membantu mengatasi masalah UMKM pada umumnya dan masalah mitra pada khususnya dalam pemasaran dan penjualan produk.Kegiatan ini dimuali dengan observasi lapangan, pengumpulan data dan wawancara yang dilakukan oleh mahasiswa. Kemudian hasil dari pengumpulan data diolah oleh tim dosen untuk dibuatkan perancangan kebutuhan sistem dan pengkodean. Setelah aplikasi yang dibuat selesai kemudian dilakukan pengujian dan pemasangan aplikasi secara online dilakukan oleh mahasiswa. Hasil dari kegiatan tersebut kemudian didiskusikan oleh tim dosen untuk berikutnya disusun dalam pelaporan dan evaluasi kegiatan untuk perbaikan. Hasil dari kegiatan ini berupa website online, publikasi ke  dalam jurnal pengabdian kepada masyakarat, seminar pelaksanaan kegiatan dan hak cipta untuk program komputer yang telah dibuat sesuai dengan requirement UMKM Istiana Sepatu.

Satu hal yang sangat disyukuri oleh Istiana Sepatu dalam masa pandemik virus Covid-19 masih bisa berjualan dengan e-commerce yang baru dibuat. Dengan adanya kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dari pemerintah yang berkelanjutan, menyebabkan kedua toko Istiana Sepatu sering tutup, selain itu pengunjung toko sangat sedikit, karena mereka lebih memilih tinggal di rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, berdoa dari rumah, dan belanja sepatu dari rumah juga dengan mengakses https://istianasepatu.com.

Proses penandatanganan kontrak, Pembuatan publikasi dan HAKI serta pengkodean sistem.
Proses penandatanganan kontrak, Pembuatan publikasi dan HAKI serta pengkodean sistem.

Comments are closed.