Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kewirausahaan Berbasis Teknologi Informasi (Technopreneurship) Pada Warga RT 03 RW 02 Pondok Jati Jurangmangu Barat Pondok Aren

Salam Budi Luhur!!

Sambutan Ketua Pelaksana PPM
Sambutan Ketua Pelaksana PPM

Kegiatan pengabdian pada masyarakat bertema pemberdayaan masyarakat melalui program kewirausahaan berbasis teknologi informasi (Technopreneurship) telah dilaksanakan  Sabtu, 15 Agustus 2020 yang dimulai pada pukul 12.30 sampai dengan 15.00 WIB menggunakan aplikasi Google Meet dengan alamat link : http://s.id/pelatihan-ecommerce dan diikuti oleh 15 (lima belas) orang warga usia remaja di lingkungan RT 03 RW 02 Pondok Jati Jurangmangu Pondok Aren. Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan acara oleh Bapak Dr. Indra, S.Kom, M.T.I. Dalam sambutannya, Bapak Dr. Indra, S.Kom, M.T.I berharap dengan adanya pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi informasi (Technopreneurship) tersebut diharapkan dapat mendorong minat bisnis dan inovasi baru berbasis Teknologi Informasi bagi peserta pelatihan. Selain itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut merupakan salah satu perwujudan dari Tridharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen. Tridharma perguruan tinggi meliputi : pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di akhir kata sambutan, Bapak Dr. Indra, S.Kom. M.T.I menyampaikan harapan agar pelatihan yang dilakukan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur dapat dilanjutkan di masa mendatang.

Pemaparan Materi Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Bisnis

Selanjutnya adalah pemaparan materi penggunaan aplikasi Content Management System untuk menjual produk komersial secara online (E-Commerce) yang disampaikan oleh Bapak Agus Umar Hamdani, M.Kom. Adapun alamat toko online yang dijadikan sebagai praktikum pelatihan adalah toko online yang menjual makanan dan minuman di Stasiun Gondangdia Jakarta Pusat. Beliau menjelaskan mengenai proses bisnis yang ada pada toko online tersebut.

Pemaparan Materi Aktivitas Bisnis Dalam Aplikasi E-Commerce

Kemudian dipaparkan pembahasan mengenai cara melihat informasi kinerja penelusuran alamat URL http://kedairotio-gondangdia-jakarta.com/ di situs Google Search Console dengan alamat https://search.google.com/search-console. Dalam materi tersebut, Bapak Agus Umar Hamdani, M.Kom menjelaskan kinerja penelurusan alamat URL pada aplikasi E-Commerce diatas selama Juni hingga Agustus 2020 yang diperoleh data 19 kali penelusuran web.

Selanjutnya dipaparkan pembahasan mengenai cara melihat informasi kinerja penelusuran alamat URL http://kedairotio-gondangdia-jakarta.com/ di situs Google Search Console dengan alamat https://search.google.com/search-console. Dalam materi tersebut, Bapak Agus Umar Hamdani, M.Kom menjelaskan kinerja penelurusan alamat URL pada aplikasi E-Commerce diatas selama Juni hingga Agustus 2020 yang diperoleh data 19 kali penelusuran web.

Pemaparan Materi Penelusuran Alamat URL E-Commerce

Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk warga di lingkungan RT 03 RW 02 Pondok Jati Jurangmangu Pondok Aren sebagai berikut :

  • Peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan pengelolaan toko online sebagai salah satu media untuk membangun bisnis menggunakan teknologi informasi (Technopreneurship), hal ini dapat dilihat dengan keseriusan peserta dalam mengikuti dan melakukan praktikum di rumah secara daring (online).
  • Pelatihan tersebut telah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi peserta dalam rangka mengembangkan bisnis secara elektronik (online).
  • Berdasarkan hasil evaluasi terhadap peserta diketahui bahwa 80% dari jumlah peserta dapat mengikuti praktikum pengelolaan toko online dengan baik, ini berarti bahwa sebagai besar peserta dapat menerima dan mampu memahami materi yang disampaikan dengan baik.

Comments are closed.