Pembekalan Perhitungan Digital Melalui Pelatihan Microsoft Excel Berbasis Stand Alone dan Cloud Untuk Siswa PKBM Bina Bangsa Tangerang

Salam Budi Luhur!!

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu pilar dari Tridharma yang dimiliki seorang Dosen. Pada masa pandemi ini Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi sebuah tantangan bagi para Dosen karena keterbatasan dari kebebasan berkumpul yang  akibat dari peneyebaran virus COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Februari 2020 sampai saat ini. Hal ini tentu berdampak pada model pelaksanaan PKM yang semula bisa dilaksanakan secara luring menjadi daring. Oleh karenanya dalam pelaksanaan PKM kali ini tim PKM yang terdiri dari Bapak Hendri Irawan, S.Kom, M.T.I dan Bapak Rizky Pradana, M.Kom menstrategikan untuk pelaksanaan PKM secara daring dengan memanfaatkan fasilitas dari google.

Mitra dari Tim PKM Pembekalan Perhitungan Digital Melalui Pelatihan Microsoft Excel Berbasis Stand Alone dan Cloud adalah dari PKBM Bina Bangsa Tangerang yang terletak di Larangan, Tangerang. PKBM ini menyelenggarakan kejar paket A sampai C. Jadwal pelaksanaan PKM ini dilaksanakan selama satu minggu, dimana kegiatan dibagi ke dalam tiga tahap, yaitu pembukaan dan pre test yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2020 melalui google meet dan google form dan dilanjutkan dengan pemberian materi berupa file pdf yg di unggah ke dalam grup WhatsApp dan file video yang dapat di akses melalui link youtube. Kesempatan untuk belajar secara daring maupun luring diberikan selama enam hari, mulai dari hari senin, tanggal 27 Juli 2020 sampai dengan 01 Agustus 2020.

Terakhir dari kegiatan ini adalah pemberian post test yang dilaksanakan pada tanggal 02 Agustus 2020. Dari hasil post test terdapat peningkatan nilai sebesar 23,28% dari perolehan pre test yang di laksanakan satu minggu sebelumnya. Selain penilaian terhadap peserta pelatihan, Tim juga melakukan survei terhadap tim dari kinerja yang dilakukan tim selama pelatihan berlangsung. Berdasarkan dari survei tersebut, tim memperoleh nilai kepuasan dari peserta sebesat 94% .

Comments are closed.