Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Pengenalan dan Pemahaman Tata Surya Bagi Anak Usia Dini Pada RA Al Asyrofiyah Jakarta Selatan

Salam Budi Luhur !!

Tata surya adalah hal yang asing bagi anak usia dini untuk memahami dan membayangkan konsep kehidupan yang dijalani manusia didalamnya, namun sudah perlu diberikan pemahaman kepada anak usia dini tentang konsep tata surya. Media pembelajaran dengan menggunakan media buku dan gambar , bagi anak usia dini tidak dapat mengeluarkan imajinasi mereka, untuk itu dibuatkan sebuat aplikasi berbasis augmented reality agar anak usia dini bagi sekolah untuk digunakan dalam penyampaian informasi mengenai tata surya agarlebih jauh menarik.
Dengan menggunakan media pembelajaran menggunakan augmented reality dengan media android dan dengan animasi 3D diharapkan peserta didik anak usia dini jadi menarik untuk belajar, mengerti bentuk dari planet tata surya dan bisa mempelajari planet tata surya. Menggunakan video peserta didik anak usia dini juga dapat melihat sambil mendengarkan video yang disampaikan. Augmented Reality adalah sebuah teknologi masa kini yang menggabungkan antara dunia maya dan dunia nyata secara realtime.


Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Agustus 2020 ditengah new normal dengan menerapkan protokol kesehatan yang mana pesertanya adalah guru dan pengurus TPA RA Al-Asyrofiyah. Tim pelaksana kegiatan PPM adalah dosen Fakultas Teknologi Informasi yaitu Ibu Dewi Kusumaningsih, M.Kom. dan Dr. Tjahjanto, M.M. serta 2 rekan mahasiswa bernama Faizal dan Tsania sebagai asistensi pelatihan.
Pada pelatihan ini dipaparkan media pembelajaran berbasis aplikasi untuk anak usia dini. Tidak hanya memaparkan, pada kegiatan pengabdian ini tim PKM membuka sesi tanya jawab. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 wib sampai dengan 15.00 wib ditutup dengan sesi foto bersama antara ketua tim dan para peserta pelatihan.
Kedepanya, tidak hanya dalam bidang teknologi, RA Al-Asyrofiyah sebagai mitra dengan senang hati jika Universitas Budi Luhur memberikan ilmu melalui pelatihan-pelatihan yang mana dapat menambah dan mengembangkan pengetahuan dari guru dan juga pengurus TPA.

Comments are closed.