Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Memanfaatkan Google Meet Dan Google Classroom Bagi PKBM Bina Bangsa Tangerang

Salam Budi Luhur !!

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat “Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Memanfaatkan Google Meet Dan Google Classroom Bagi PKBM Bina Bangsa Tangerang” yang diselenggarakan oleh Ibu Ratna Kusumawardani, M.Kom dan Bapak Nano Pramono Soeryonegoro, M.Kom pada tanggal 26 Juli 2020 sampai dengan 2 Agustus 2020, dilaksanakan secara daring. Adapun tujuan kegiatan ini untuk membantu peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar secara online dan menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi peserta didik PKBM Bina Bangsa Tangerang sehingga mampu menghadapi tantangan kehidupan di era milenial.

Pada saat ini media pembelajaran di Indonesia menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dikarenakan adanya wabah COVID-19 sehingga semua lembaga atau institusi-institusi pendidikan belajar secara online. Dengan media pembelajaran yang baik dan tepat, diharapkan mampu dicerna oleh peserta didik dengan mudah. Untuk itu dirasa perlu diadakan pelatihan media pembelajaran dengan menggunakan Video Conference untuk tatap muka antar peserta didik dan guru dengan memanfaatkan Google Meet kemudian pemberian tugas serta pengumpulan tugas dengan memanfaatkan Google Classroom.

Materi pelatihan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada PKBM Bina Bangsa Tangerang yang akan diberikan adalah cara penggunaan Google Meet dan Google Classroom dalam kegiatan belajar secara online. Penyampaian materi pelatihan ini dilakukan secara online dimana instruktur menjelaskan secara singkat materi pelatihan melalui google meet dan materi pelatihan divideokan oleh instruktur kemudian video tersebut diupload ke youtube sehingga peserta didik dapat mempelajari materi pelatihan secara berulang. Selain itu, instruktur membagikan materi pelatihan dan tugas melalui google classroom serta instruktur memberikan kuisioner melalui google form. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat mengikuti perubahan cara pembelajaran yang dilakukan secara online sehingga peserta didik sudah siap menghadapi situasi pada saat pandemi seperti ini.

Comments are closed.