Pelatihan Blog Sebagai Media Informasi dan Dokumentasi Pada Warga RT 03 RW 02 Pondok Jati Jurangmangu Barat Pondok Aren

Salam Budi Luhur!!

Kegiatan pengabdian pada masyarakat bertema pemberdayaan masyarakat melalui program kewirausahaan berbasis teknologi informasi (Techno reneurship) telah dilaksanakan  Sabtu, 15 Agustus 2020 yang dimulai pada pukul 09.30 sampai dengan 12.00 WIB menggunakan aplikasi Google Meet dengan alamat link : http://meet.google.com/amo-hsdu-dme dan diikuti oleh 15 (lima belas) orang warga usia remaja di lingkungan RT 03 RW 02 Pondok Jati Jurangmangu Pondok Aren. Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan acara oleh Bapak Dr. Gandung Triyono, M.Kom. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada peserta pelatihan yang telah menyempatkan waktu untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh tim PKM dari Universitas Budi Luhur. Beliau berharap dengan adanya pelatihan blog tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi berbasis Teknologi Informasi bagi peserta pelatihan Di akhir kata sambutan, beliau menyampaikan harapan agar pelatihan yang dilakukan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur dapat dilanjutkan dan ditingkat di masa mendatang.

Selanjutnya adalah pemaparan materi materi pengantar / pengenalan blog, pengantar blog toko online sebagai media informasi dan komunikasi yang disampaikan oleh Bapak Lis Suryadi, M.Kom. Beliau menjelaskan bahwa pembuatan blog tersebut menggunakan salah satu media pemasaran online (marketplace) dengan nama Tokopedia (http://tokopedia.com).

Pemaparan Materi Pengenalan Blog Untuk Bisnis
Pemaparan Materi Pembuatan Blog di Marketplace Tokopedia

Selanjutnya dipaparkan pembahasan mengenai cara mengupload produk dan melihat detail saldo pendapatan yang diterima dari Tokopedia. Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk warga di lingkungan RT 03 RW 02 Pondok Jati Jurangmangu Pondok Aren sebagai berikut :

  • Peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan pembuatan blog toko online tersebut, hal ini dapat dilihat dengan keseriusan peserta dalam melakukan praktikum mandiri di rumah secara daring (online).
  • Pelatihan pembuatan blog tersebut telah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kreativitas peserta pelatihan.
  • Peserta pelatihan dapat menggunakan pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh dari pelatihan tersebut untuk mendukung kegiatan belajar, mendukung rutinitas kerja maupun pemanfatan lainnya.

Comments are closed.