Pelatihan Pencatatan Informasi Keuangan Mempergunakan Aplikasi Berbasis Android SI APIK Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Salam Budi Luhur !!

Menurut Mas Marno selaku pemilik UMKM Kuliner Mie Ayam Wonogiri mengatakan bahwa selama ini kesadaran mencatat transaksi keuangan rendah, pencatatan transaksi keuangan dianggap sulit,  Skala usaha kecil/sederhana dan keuangan bercampur sehingga menyebabkan UMKM tidak mengetahui kondisi finansial usahanya, Bank sulit menganalisa kemampuan UMKM, seringkali analisa kredit tidak akurat, butuh waktu dan biaya. Usaha kuliner mie ayam wonogiri sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam upaya memasarkan penjualan mie ayam dengan menggunakan inovasi teknologi telekomunikasi 4G dan dilengkapi aplikasi Sistem Informasi Aplikasi Informasi Keuangan (SI APIK) yang direkomendasikan oleh Bank Indonesia sebagai salah satu fasilitas pencatatan keuangan UMKM dengan didukung pemrograman mobile yang dapat dijalankan di smartphone, sehingga pemilik bisa memonitor dan mengendalikan penjualan secara online. Dari sisi pemasukan, pemesanan, pengeluaran, keuntungan, kerugian dan pemilik mendapatkan laporan keuangan secara cepat dan akurat.

Pada hari Sabtu tanggal 18 Juli 2020 telah diadakan pelatihan pencatatan informasi keuangan mempergunakan aplikasi berbasis android SI APIK pada usaha mikro kecil dan menengah yang mempekenalkan inovasi bisnis dengan mempergunakan teknologi mobile berupa sistem informasi keuangan berbasis android di Jl. Aria Santika No. 108 RT. 03/RW. 03, Kelurahan Sumur Pacing, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang Banten.

 Pelatihan ini diikuti oleh pemilik dan karyawan mitra di beberapa tempat sehingga peserta pelatihan memahami dan bisa menggunakan aplikasi SI APIK dengan tepat dan benar. Pencatatan transaksi keuangan SI APIK merupakan sebuah sistem pencatatan keuangan yang sederhana, cepat dan mudah yang berbasis android. Bukan sekedar mencatat; tetapi mengandung arti luas, mulai dari mencatat, proses akuntansi hingga penyusunan laporan keuangan. Jauh lebih luas lagi bisa menyajikan hasil analisis laporan keuangan serta melihat kinerja keuangan secara lebih komprehensif, dan dapat menggambarkan kondisi keuangan usaha yang akurat.

Output SIAPIK berupa Laporan Keuangan (Neraca, Laba Rugi, Arus Kas dan lain-lain) dapat memenuhi minimal Laporan Keuangan untuk pengajuan kredit kata Mas Marno. Kesan dari Mas Marno dan beberapa karyawan mie ayam wonogiri yang didapat dari pelatihan ini bisa mengangkat nama mitra mie ayam wonogiri, sehingga lebih dikenal dan cepat meramalkan besarnya biaya produksi dan laba yang dapat diperoleh. Cara penyampaian materi pelatihan oleh Bapak Ir. Siswanto, M.M., Ibu Grace Gata, M.Kom dan Ibu Yuliazmi, M.Kom selaku instruktur kesannya ramah, telaten, terstruktur, mudah dipahami kata Mas Marno dan Iqbal salah satu karyawan mie ayam wonogiri.

Comments are closed.